Pengaruh Metode Brainstorming dalam Model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Bleajar Peserta Didik Kelas XI-MIPA SMAN 1 Maros (Materi Pokok Larutan Penyangga)

Pudji Astuti(1), Muhammad Jasri Djangi(2*), Ramdani Ramdani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i1.38749

Abstract


Pengaruh Metode Brainstorming dalam Model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI-MIPA SMAN 1 Maros pada Materi Pokok Larutan Penyangga.Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Jasri Djangi dan Ramdani)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Brainstorming dalam model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik kelas XI-MIPA SMAN 1 Maros tahun pelajaran 2021/2022 pada materi pokok larutan penyangga. Desain penelitian adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-MIPA SMAN 1 Maros yang terdiri dari enam kelas, Sampelnya adalah kelas XI-MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI-MIPA 6 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes keterampilan berpikir kreatif dan tes hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Uji hipotesis menggunakan uji t, untuk keterampilan berpikir kreatif diperoleh thitung = 4,53 dan taraf signifikan = 0,05 diperoleh nilai ttabel = 2,03. Untuk hasil belajar diperoleh thitung = 2,15 dan taraf signifikan = 0,05 diperoleh nilai ttabel = 2,03. Berdasadarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode brainstorming dalam model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik kelas XI-MIPA SMAN 1 Maros pada materi larutan penyangga.

Keywords


Model POGIL, Metode Brainstorming, Keterampilan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Larutan Penyangga

Full Text:

PDF

References


Amin, Diyah Nur Fauziyyah. 2016. Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah. No.2 Vol. (5).

Anderson, L.W & Krathwohl,D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives Complete Edition. Allyn & Bacon, Boston, Ma *Pearson Education Group).

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Peneliatian. Jakarta : Rineka Cipta.

Conover, W.J. 1999. Statistik Non Parametrik Praktis Edisi ke-3. New York : Wiley.

Djamar, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hanson, D.M. 2006. Instructor’s Guide to Process-Oriented Guided-Inquiry Learning. New York : Pacific Crest.

Hildayanti, W.I., Diana R., Rika, R.A. 2018. The Effect of Brainstorming on Student’s Creative Thinking Skill in Learning Nutrition. Journal of Science Learning.No.1. Vol(2).

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Jajang, Suharnadi. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Repository.upi.edu.

Johnson. 2011. Educational Research 4th Ed: Quantitative, Qualitative, and Mix- methods Approaches. California : SAGE Publication.

Limantara, L.M., & Rahayu, I. 2013. Upgrading The Availability of Building Sentence on Indonesian Language Learning by Using Series Pictures Media. Academic Research International. No.4. Vol.(2).

Moog, R.S., & Spencer, J.N. (2008). Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Washington DC : Oxford University Press.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Nasution, Noehi, dkk. 1991. Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressiondo.

Rawlinson, JG. 1977. Berfikir Kreatif dan Brainstorming. Jakarta : Erlangga. Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : BP Panca Usaha.

Robert, Soltis. 2015. Process-Oriented Guided Inquiry Learning Strategy Enhances Students Higher Level Thinking Skills in a Pharmaceutical Sciences Course.

Roestiyah, N.K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Cetakan ke-2. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Mmebantu Memecahkan Problematika Belajar dan mengajar. Bandung : Alfabeta.

Sharp, C. 2004. Developing young children’s creativity: what can we learn from research?. Jurnal Autumn 2004/Issue 32.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar mengajar. Bandung : Rosda Karya.

Sutikno, M. Sobri. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT. Refika Aditama.

Villagonzalo, E.C. 2014. Process Oriented Guided Inquiry Learaning: An Effective Approach Studens’s Academic Performance. DLSU Research Congres.

Wang, A.Y. 2011. Contexts of Creative Thinking : A Comparation on Creative Perfomance of Student Teachers in Taiwan anad United States. Journal of International and Cross-Cultural Studies. Vol.2 No.(1).

Warsono, dan Harjianto. 2013. Pembelajaran Aktif. Jakarta : Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats