Analisis Penguasaan Konsep Siswa yang Diajar dengan Metode Inkuiri Terbimbing pada pada Materi Pokok Ikatan Kimia

Nurmaulita Nurmaulita(1*), Muhammad Anwar(2), Ramdani Ramdani(3),

(1) SMA Islam l Bayyinah
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i3.38711

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan konsep kimia siswa pada materi pokok ikatan kimia yang diajar dengan metode inkuiri terbimbing. Tingkat penguasaan konsep siswa kategori paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep diukur dalam bentuk persentase. Objek penelitian adalah siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 8 Makassar tahun ajaran 2013/2014 sebanyak sembilan kelas dengan jumlah 304 orang siswa. Sampel penelitian diambil secara acak dan random sebanyak 36 orang siswa. Metode penelitian meliputi pengajaran dengan metode inkuiri terbimbing yang dievaluasi dengan instrumen test berupa pilihan ganda beralasan sebanyak 20 soal yang sudah divalidasi selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat penguasaan konsep siswa yang diajar dengan metode inkuiri terbimbing pada materi pokok ikatan kimia yaitu kategori paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep yaitu berturut-turut 48,33%, 13,05% dan 38,61%, yang menunjukkan bahwa metode inkuiri terbimbing cukup efektif membantu siswa memahami konsep-konsep materi ikatan kimia.

ABSTRACT
This descriptive research aims to determine the concept achievement level of students in the subject matter chemical bond with the inquiry learning method. The level of concept achievements of students is categorized into three levels, namely to understand the concepts, misconceptions, and do not understand the concept in the form of a percentage. The object is all the students of class X1 SMA Negeri 8 Makassar academic year 2013/2014 a total of nine classes with a number of 304 students. The sample is taken by random sampling or random grade class. Research methods include the inquiry learning method is evaluated with the instrument in the form of a multiple-choice test of 20 questions reasoned that has been further validated the data obtained were descriptive statistic analyzed. The result showed that the level of concept achievement of students in the subject matter of chemical bonds in the category of understanding concepts, misconceptions, and do not understand the concept successive 48,33%, 13,05%, and 38,61% showed that the inquiry method was effective to contribute to students understanding the concepts chemical bonding subject matter.

Keywords


penguasaan konsep, inkuiri terbimbing, pilihan ganda

Full Text:

PDF

References


Abraham. 2007. Hubungan pemahaman materi pelajaran kimia dengan prestasi belajar IPA siswa SMP Negeri se- Kota Kendari. Jurnal Wakapendik Vol.2 No.1 Hal. 62-74, Universitas Haluoleo. Lembaga Kajian Pengembangan Pendidikan, dalam Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) LIPI

Depdiknas. (2006). Kurikulum 2006 Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Kimia. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum

Firmansyah, Riky 2013. Penerapan Kartun Konsep sebagai Umpan Balik untuk Memperbaiki Miskonsepsi Siswa SMA pada Konsep Sistem Saraf. Skripsi pada Repository Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skrip, diakses 9 Juli 2013.

Haslam, F., & Treagust, D.F. (1987). Diagnosing secondary students’ misconceptions of photosynthesis and respiration in plants using a two-tier multiple choice instrument. Journal of Biological Education, 21(3), 203-211.

Herdian. 2010. Model Pembelajaran Inkuiri. http://herdy07.wordpress.com /2010/05/27/model-pembelajaran-inkuiri/. Diakses pada selasa 9 Juli 2013.

Mubarrok, Ahmad Zacky. 2013. Metode Inquiri. http://zackeyhernandez.blogspot. com /2013/03/metode-inquiri.html. Diakses selasa, 9 Juli 2013.

Nurmaulita, 2014. Analisis Penguasaan Konsep pada Pembelajaran Metode Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Makassar (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia). Skripsi, tidak dipublikasikan, Jurusan Kimia FMIPA, Universitas Negeri Makassar.

Sari, Lis Permana dan Purtadi S., 2009. Penilaian Berkarakter Kimia Berbasis Demonstrasi Untuk Mengungkap Pemahaman Konsep dan Miskonsepsi Kimia pada Siswa SMA. Makalah Seminar Nasional Kimia tahun 2009. Fakultas MIPA Univeritas Negeri Yogyakarta.

Seftima Vermalia, 2011. Analisis Pemahaman Konsep Kimia pada Materi Pokok Redoks Menggunakan Soal Pilihan Ganda Beralasan Pada Siswa Kelas XII. Skripsi pada Repository Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skrip, diakses 24 Mei 2013.

Tarigan, Basir 2007. Penggunaan Peta Konsep dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Pengajaran Kimia Karbon. Majalah ilmiah cemerlang, Universitas Asahan. Fakultas Pertanian, Kisaran hal 38-43, dalam Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) LIPI.

Zuriyani, Elsy. 2012. Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran IPA. Kumpulan artikel / Tulisan Widiaiswara. Kementerian Agama Provinsi Sumatera selatan. http://sumsel. kemenag.go.id/ index. php?a=artikel&id= 11414. Diakses selasa 9 Juli 2013.


Article Metrics

Abstract view : 232 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats