Pengaruh Media Word Square pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA SMAN 3 Barru (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit)

Suciani Suciani(1), Sumiati Side(2*), Sudding Sudding(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i1.38423

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Word Square pada Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 3 Barru. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA dengan jumlah 2 kelas. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk memperoleh data hasil belajar, di analisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eskperimen dan kelas kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney, hasil analisis tersebut memperlihatkan bahwa ada pengaruh media Word Square pada Model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 3 Barru (studi pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit).

ABSTRACT

This study was to determine the effect of Word Square media on discovery learning model on learning outcomes of class X IPA SMAN 3 Barru students. The research method used is a quasi-experimental with a quantitative approach with a posttest-only control group design. The research population is all class X IPA with a total of 2 classes. The research sample was class X IPA 3 as the experimental class and class X IPA 2 as the control class. The data collection technique used multiple choice tests to obtain data on learning outcomes. Data analysis was performed using descriptive and inferential statistics. The results of statistical analysis obtained that the experimental class average learning outcomes higher than the control class. The results of statistical analysis of learning outcomes showed that the experimental and control class data came from a homogeneous population but not normally distributed so that the test used was the Mann-Whitney test. From data analysis shows that based on data analysis, it can be concluded that there is an effect of Word Square media on discovery learning model on learning outcomes of class X IPA SMAN 3 Barru students (material for Electrolyte and Non Electrolyte solutions).

Keywords


Media Word Square, model Discovery Learning, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman: Deepublish.

Fitri., Lidiana, Nofianti. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Media Word Square Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Larutan Eletrolit Dan Non Elektrolit Dan Koloid Di Kelas X Kimia Analis Smkn 2 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Kimia.

Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia: Bogor.

Haudi. 2020. Dasar-Dasar Pendidikan. Insan Cendekia Mandiri. Sumatra Barat.

Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada: Medan.

Johari, J.M.C. dan Rachmawati, M. 2008. Kimia SMA dan MA untuk kelas XII Jilid 3. Esis. NACE International: Jakarta.

Jein, Asriyanti. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study dengan Media Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Sistem Koloid Di SMAN 1 Bintang Bayu. Jurnal Pendidikan.

Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama: Bandung.

Kebudayaan, K. P. D. 2013. Model pembelajaran penemuan (discovery learning). Kemendikbud: Jakarta.

Kristin, F. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, Vol. 2, No. 1.

Lestari, Puji E. 2019. Penerapan Media Word Square dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Keuutuhan Negara. Jurnal Pendidikan. Vol. 7, No. 2

Maharani, Y. B., & Hardini, I. T. A. 2017. Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Mitra Pendidikan. Vol. 1, No.5.

Mawarnis, Elvy Rahmi. 2021. Kimia Dasar II. Deepublish: Sleman.

Puspitadewi, R., Saputro, A. N. C dan Ashadi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan XI MIA 3 Semester Genap SMAN 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 5, No.4. 1.

Purnawan, Suswanto Djony, Siti Naqiyah, Zainal Abidin, Sendy Wulandhary. 2018. Kimia. Erlangga: Jakarta.

Ralph H. Petrucci. 1992. Kimia Dasar Prinsip dan Terapan Modern Edisi keempat jilid ketiga. Erlangga: Jakarta.

Rasyid, Harun dan Mansur. 2009. Penilaian Hasil Belajar. CV Wacana Prima: Bandung.

Rusman, ratu Fazlia Inda Rahmayani dan Mukhlis. 2018. Buku Ajar Kimia Larutan. Syiah Kuala University Press: Banda Aceh.

Rizki, Erzi Khalifa. 2021. Ringkasan Materi dan Latihan Soal Kimia Kelas X SMA/MA. Bhuana Ilmu Populer: Jakarta.

Suharsimi, Arikunto. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Sumiati dan Asra. 2011. Metode Pembelajaran. CV Wacana Prima: Bandung.

Susilana, Rudi, Cepi Riyana. 2011. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. CV Wacana Prima: Bandung.

Sani, R. 2014. Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Sinambela, P. N. 2017. Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Generasi Kampus. Vol. 6, No. 2.

Septiyani, T., Tampubolon, B, & Rosnita. 2018. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media konkrit pada pembelajaran tematik kelas I SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 7, No. 1.

Sumarsono, Puji, Siti Inganah, Daroe Iswatiningsih, Husamah. 2020. Belajar dan Pembelajaran di Era Milenial. 2020. Universitas Muhammadiyah Malang: Malang.

Widyoko, Putro Eko S., 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Widayanti, E. R., & Slameto. 2016. Pengaruh penerapan metode teams games tournament berbantuan permainan dadu terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 6, No. 3.

Yulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Pakar Raya: Bandung.

Yulianti, Devi., Eddy Purnomo., dan Pargito. 2015. Pengembangan Media Word Square Berbantu Kartu Uno Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan.

Yuliana., Nabila. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. Vol. 2, No.1


Article Metrics

Abstract view : 13 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats