Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Barru Materi Larutan Penyangga
Ainul Ahmadsyah Hanafi
(1), Pince Salempa
(2*), Alimin Alimin
(3),
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI:
https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i3.37910
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Barru. Variabel bebas penelitian ini adalah model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan direct teaching sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi pokok larutan penyangga. Populasinya yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Barru sebanyak enam kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 210 orang. Sampel ditentukan dengan cara simple random sampling sehingga didapatkan kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 35 orang dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 35 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok larutan penyangga berupa post-test. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yakni 80,84 sedangkan kelas kontrol yakni 75,4. Hasil analisis statistik inferensial setelah dilakukan uji prasyarat menujukkan bahwa data tidak terdistribusi normal dan homogen, sehingga uji hipotesis yang digunakan yaitu uji Mann-Whitney (uji non parametrik) diperoleh nilai Zhitung > Ztabel (2,45 > 1,64) pada taraf signifikan α = 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Barru pada materi larutan penyangga.
Keywords
POGIL, direct teaching, hasil belajar
References
Hanson, D. M. 2005. Designing Process-Oriented Guided-Inquiry Activities. New York: Pacific Crest Stony Brook University (SUNY).
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran Isu-isu Metodis dan Paragdimatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Moog, R. S., F. J. Creegan, D. M. Hanson, J. N. Spencer & A. R. Straumanis. 2006. Process-Oriented Guided-Inquiry Learning: POGIL and The POGIL Project. Lancaster: Department of Chemistry Franklin and Marshall College.
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Sumber Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Siska, M., Kurnia & Y. Sunarya. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta didik SMA melalui Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1), 69-75.
Article Metrics
Abstract
view : 84 times |
PDF view :
4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My
Stats