Motivasi Belajar Peserta Didik: Suatu Intervensi Model Discovery Learning Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Nurul Muthmainna(1), Sudding Sudding(2*), Eda Lolo Allo(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i3.37807

Abstract


Model discovery learning merupakan model pembelajaran yang meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga motivasi belajar peserta didik juga akan meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit. Desain penelitian adalah Posttest Only Control Group Design. Populasinya peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 6 Makassar dan terpilih kelas X MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol melalui random sampling. Data diperoleh dengan pemberian angket motivasi belajar dimana data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif motivasi belajar menunjukkan hasil yang lebih tinggi pada kelas eksperimen. Hasil analisis statistik inferensial untuk motivasi belajar menggunakan uji parametric uji-t yang menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya model discovery learning berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 6 Makassar Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit.

ABSTRACT
Discovery learning model is the learning model that will increase the activity all of the students in the learning process so the learning motivation of the students will also increase. This research is a quasi-experimental research that aims to determine the effect of the discovery learning model on the motivation of the students as subject matter of electrolyte and non-electrolyte solutions. The research design used is Posttest Only Control Group Design. The population is all of the students of class X MIPA SMA Negeri 6 Makassar. Sampling was done by random sampling, where class X MIPA 7 was the experimental class and class X MIPA 4 was the control class. The data were obtained by giving a learning motivation questionnaire of the students in the experimental class and the control class. The results of descriptive analysis of the learning motivation of the students in the experimental class is higher. Inferential statistical analysis results for the learning motivation data using a parametric test namely the t-test and the hypothesis research is accepted. That is meaning the discovery learning model has an effect on the students learning motivation. It can be concluded that the discovery learning model has an effect on the motivation of the students in class X MIPA SMA Negeri 6 Makassar On the Material of Electrolyte and Non-Electrolyte Solutions.

Keywords


Model Discovery Learning, Motivasi Belajar, Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, E. I., Sridana, N., Hapipi, H., & Amrullah, A. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 9 Mataram pada Pembelajaran Materi Persamaan Garis Lurus dengan Menerapkan Model Discovery Learning. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 353–363.

Ananda, L. R., & Suharto, H. (2021). Penggunaan Two-Tier Multiple Choice Diagnostik Test untuk mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X SMAN 1 Tangerang Selatan Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(2), 82–88.

Anjelina, R., Elvinawati, E., & Nurhamidah, N. (2021). Studi Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Discovery Learning Pada Materi Larutan Penyangga. Alotrop, 5(1), 27–34.

Argiyanti, A., Cristanti, W., Sukma, R. I., & Suprianto, B. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi : Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Inaturalist Pada Materi Keanekaragaman Hayati. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(3), 52–62.

Auliyah, S., Sudding, & Sugiarti. (2022). Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMA Plus Budi Utomo Makassar yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Model Pembelajaran Discovery (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit) Compariso. ChemEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia, 3(2), 58–71.

Bahriah, E. S., Nurfikri, M., Ayunda, M. R., & Raihan, H. M. (2022). Analisis Motivasi Belajar Kimia Siswa Di Sekolah Madrasah Aliyah Pasca Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 206–215.

Dagmar, F. Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Pokok Energi Dalam Sistem Kehidupan Kelas VII Di SMPN 34 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 1(7, 1–7.

Elvina, A., & DJ, L. (2022). Deskripsi Pemahaman Multirepresentasi Kimia Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. ORBITAL : Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1), 1–15.

Erlina, V., & Zainul, R. (2022). Pengembangan E-Content Berbasis Discovery Learning pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1), 78–84.

Gootoro, N., & Tuerah, J. M. (2022). Analisis Miskonsepsi Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non- Elektrolit Siswa Kelas X di SMA Kristen Eben Haezer Ibu Halmahera Barat. Oxygenius, 4(1), 59–62.

Harahap, N. A., & Setiawat, T. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(6), 575–583.

Hasan, M., Lukum, A., & Mohamad, E. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Pilihan ‎Ganda dengan CRI Termodifikasi Materi Larutan ‎Elektrolit dan Non Elektrolit. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(1), 27–32.

Herlina. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Hidrokarbon. Journal Of Science Education, 4(3), 7–13.

Hidayah, P., & Muchtar, Z. (2022). Pengembangan tes diagnostik berbasis web pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(6), 570–579.

Islamika, N., Nurlaili, N., & Kusumaningtyas, P. (2020). Hubungan pemahaman Konsep Ikatan Kimia dengan Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Larutan Elektrolit. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3), 266–273.

Jannah, M., Permadani, F. D., & Karina, T. A. (2022). Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Olahraga pada saat Pandemi Covid-19. Journal On Teacher Education, 3(2), 160–169.

Jasmin, J., Suhartono, S., & Nasir, M. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Besaran Dan Satuan MTs Muslimat NU Palangka Raya. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 1(2), 129–135.

Jiwa, I. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Kubu Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan, 9(1), 71–85.

Mujiyah. (2022). Keefektifan Penerapan Chemistry Golden Bell Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Kimia Peserta Didik. VOCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(3), 219–225.

Musta’in. (2022). Pengembangan Model Discovery Learning Melalui Workshop Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Madrasah Tsanawiyah Di Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 28–36.

Nasmai, N. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Tema Tugasku Sehari-Hari Materi Uang Melalui Model Discovery Learning dengan Metode Pemberian Tugas di Kelas II SD N 02 Gurun. Journal on Education, 4(4), 1103–1119.

Nasution, W. S. L. (2022). Pembelajaran Discovery Learning Dan Accekerated Learning Pada Materi Integral Di MAN 4 Martubung. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 1–11.

Nuryaningsih, W. D. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berkolaborasi Google Classroom dan WhatsApp Group untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(2), 159–168.

Okmarisa, H., & Hasmina. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Dan Penyebab Miskonsepsi Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Menggunakan Four Tier Multiple Choice Diagnostic Test. Jurnal Konfigurasi, 5(1), 23–31.

Prayoga, Y., Sumarwiyah, & Purbasari, I. (2022). Belajar Kelompok Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar di Masa Pandemi. Jurnal Educatio, 8(2), 670–677.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi belajar dalam Meningkatkan hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(3), 289–302.

Romadhona, N., Qodriyah, L., Rokhim, D. A., & Widarti, H. R. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Malang Pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2), 2642–2651.

Sahnam. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di SMA Negeri 1 Praya Barat. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 168–177.

Salay, R. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) Dengan Student Centered Learning (SCL). Jurnal INA-Rxiv, 1(1), 1-12.

Sinaga, S. J., Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Ricky, Z. (2022). Model Pembelajaran Matematik Berbasis Discovery Learning Dan Direct Instruction. In Paper Knowledge, Toward a Media History of Documents. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Suryati, Surningsih, & Masham, R. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Reaksi Redoks Dan Elektrokimia Berbasis Nature Of Science Untuk Penumbuhan Literasi Sains Siswa. Reflection Journal, 2(1), 26–33.

Tayu, A. T., Alimin, & Sugiarti. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 3 Bantaeng (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom). ChemEdu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia), 2, 1–16.

Trisnawati, D. A. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Ikatan Kimia Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Lampu, 1(1), 37–55.

Yuliana, A., Hartati, S. J., & Hanifa, S. Y. (2021). Pengaruh Model Discovery Dan Conventional Learning Terhadap Motivasi Siswa Dan Hasil Belajar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 397–404.

Yusuf, N., Jusniar, & Yunus, M. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X.1 dan X.7 SMA Negeri 11 Makassar pada Konsep Larutan Elektrolit dan Reaksi Reduksi- Oksidasi dengan Menggunakan Three Tier Test. ChemEdu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia), 3(2), 99–108.


Article Metrics

Abstract view : 118 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats