Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Aplikasi Android yang Digunakan dalam Model Discovery Learning pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi

Mutia Salsabila Syaifuddin(1), Taty Sulastry(2*), Sudding Sudding(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i3.37484

Abstract


Penelitian Research and Development ini bertujuan untuk menghasilkan komik digital reaksi reduksi dan oksidasi berbasis aplikasi android, yang layak dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Pengembangan komik digital ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluate). Hasil penelitian ini adalah komik yang telah dikembangkan (1) valid, baik oleh ahli media validitas sebesar 3,91 dan ahli materi sebesar 3,65 yang berada pada kategori sangat valid, (2) praktis, berdasarkan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh persentase 96,29%. Angket respon guru, siswa kelompok kecil dan kelompok besar terhadap komik digital berturut-turut sebesar 88,5%, 86% dan 89% dengan kategori sangat praktis, 3) efektif, ditinjau dari ketuntasan kelas siswa kelompok kecil 83,3% dan siswa kelompok besar 86,5%. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa komik digital pada reaksi reduksi dan oksidasi berbasis aplikasi android yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.

The research and development research aims to produce a proper digital comic in reduction and oxidation reaction based android application with valid, practical, and effective criteria. The development of this digital comic refers to the ADDIE development model which includes the analysis stage, the design stage, the development stage, the implementation stage, and the evaluation stage. The results of this research are the comic that have been developed are: (1)valid, both by media proficient obtained validity of 3.91 and material proficient of 3.65 which are in the very valid category, (2) practical, based on the observation sheet on the implementation of learning obtained a percentage of 96.29%, the questionnaire responses of teachers, small group students and large groups to digital comics were 88.5%, 86% and 89% with very practical categories, 3) effective, in terms of class completeness of small group students 83.3% and 86.5% of large group students. Based on these data, it is concluded that the digital comic reduction and oxidation reaction based android application developed with the ADDIE model is proper for use in learning.

Keywords


komik digital, reaksi reduksi dan oksidasi, aplikasi android

Full Text:

PDF

References


Aripin, I. 2018. Konsep-Dan-Aplikasi-Mobile-Learning. Jurnal Bio Educatio, 3(1), 1–9.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Fawaidah, H., & Sukarmin. 2016. Media Pembelajaran CHEMIC (Chemistry Comic) pada Materi Ikatan Kimia untuk Siswa Kelas X. Unesa Journal of Chemistry Educational, 5(3), 621–628.

Harjanto. 2008. Perancangan Pengajaran. Jakarta : Rineka.

Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan. 1(1).

Hayati, S., Agus S.B., dan Erfan H. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF. 2015. Vol. IV.

Marwah, S., & Syahrir, M. 2019. Pengembangan Komik Elektronik Kimia pada Materi Pokok Ikatan Kimia Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 14 Makassar. Tesis. Universitas Negeri Makassar.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta.

Mustaming, Akhmad., Mochmad Cholik., Luthfiyah Nurlaela. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek.Vol.3, No.1.

Nugraha, D. A. 2020. Pengembangan Komik Kimia Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Cet (Chemo-Edutainment). Chemistry in Education, 9(2), 84–90.

Pratiwi, W., & Kurniawan, R. 2013. Penerapan Media Komik Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 3 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3), 1–16.

Rudibyani, R. B. 2018. The Effectiveness of Discovery Learning to Improve Critical Thinking Skills College Student on Mastery of Arrhenius Acid Base. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 2(1), 41–54.

Sunarti, Sri. 2020. Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Syahbana, A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kntekstual untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Edumatica. 02(02).

Widyoko, S. Eko Putro. 2016. Teknik Penyusnan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 106 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats