Pengembangan E-modul Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Flip PDF Professional berbantuan Game Wordwall pada Model Discovery Learning di MAN 3 Kota Makassar

Fauziah Ruslan(1), Army Auliah(2*), Hardin Hardin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i3.37131

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan e-modul reaksi redoks berbasis Flip PDF Professional berbantuan Game Wordwall yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis (tahap analisis), design (tahap perancangan), development (tahap pengembangan), implementation (tahap implementasi), dan evaluate (tahap evaluasi). Instrumen yang digunakan untuk kevalidan yaitu lembar validasi untuk ahli media dan materi, kepraktisan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik, dan keefektifan yaitu tes hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah: (1) kevalidan e-modul berdasarkan ahli media dan materi, masing-masing sebesar 3,85 dan 3,6 yang termasuk dalam kategori sangat valid, (2) kepraktisan e-modul berdasarkan observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru, dan peserta didik berturut-turut sebesar 96,2%, 86,92% dan 86% yang termasuk dalam kategori sangat praktis, (3) keefektifan e-modul berdasarkan hasil belajar yang mencapai ketuntasan kelas sebesar 86,1% sehingga termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa e-modul reaksi redoks berbasis Flip PDF Professional berbantuan Game Wordwall yang dikembangan dengan model ADDIE dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


ADDIE, E-modul, Flip PDF Professional

Full Text:

PDF

References


Alfitry, Shilfia. 2020. Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran. Pekanbaru: Guepedia.

Anwas, O. M. 2013. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Teknodik. Vol. 17, No. 1.

Danial, M., Jestiana R., dan Iwan D. 2013. Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diberi Tugas Rumah dan Kuis pada Model Pembelajaran Langsung (Studi pada Materi Pokok Reaksi Redoks). Jurnal Chemica. Vol. 14, No. 1.

Ginting, D., dkk. 2021. Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Melalui Platform Digital. Malang: Media Nusa Creative.

Herawati, 2020. Pengaruh Pemberian Kuis di Awal Pertemuan pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 10 Luwu (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga). Jurnal Chemica. Vol. 21, No. 2.

Kristin, F. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. Vol. 2, No. 1.

Lestari, N. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Klaten: Lakeisha.

Ningrum, G. D. K. 2018. Studi Penerapan Media Kuis Interaktof Berbasis Game Edukasi Kahoot!! Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal V O X Edukasi. Vol. 9, No. 1.

Nurrahmawati, A. 2021. Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi. Yogyakarta: UAD Press.

Parwita. I. B. G., Nyoman D., dan Nyoman N. 2014. Pengaruh Implementasi Pembelajaran dengan Teknik Kuis terhadap Prestasi Belajar Sejarah dengan Kovariabel Motivasi Belajar pada Siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 4, No. 1.

Rosa, N. M. 2012. Pengaruh Sikap pada Mata Pelajaran Kimia dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Formatif. Vol. 2, No. 3.

Saputro, A. N. C. 2021. Pembelajaran Sains. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Shobirin, M. 2016. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Side, S., Taty S., dan Rafsanjani S. 2017. Pengaruh Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran pada Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Pare-Pare (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia). Jurnal Chemical. Vol. 18, No. 1.

Sulistiyawati, W., Rijalush, S., Dian, S. N. A., dan Tomi, L. 2021. Peranan Game Edukasi Kahoot! dalam Menunjang Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya. Vol. 15, No. 1.

Trisna, I. K., Wayan S., dan Putu O. H. 2017. Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran untuk Meningkatkan Kesiapan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Vol. 1, No. 2.

Wigati, S. 2019. Penggunaan Media Game Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol. 8, No. 3.


Article Metrics

Abstract view : 117 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats