Pengaruh Media Audiovisual pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 9 Maros (Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi dan Oksidasi)

Indah Sidratul Muntaha HT(1*), Alimin Alimin(2), Muhammad Syahrir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i2.36426

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual pada model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 9 Maros pada materi pokok reaksi reduksi dan oksidasi. Dalam penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 9 Maros. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 36 orang. Kedua kelas dipilih secara simple random sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif kelompok eksperimen diperoleh rata-rata hasil belajar yaitu 74,5 dan kelompok kontrol yaitu 65,94. Hasil uji prasyarat pada analisis statistik inferensial menunjukkan data kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal. Oleh karena data yang tidak terdistribusi normal, maka uji hipotesis yang digunakan adalah uji Mann-Whitney. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai Zhitung > Ztabel (2,54 > 1,64). Hal ini menunjukkan penggunaan media audiovisual pada model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 9 Maros pada materi pokok reaksi reduksi dan oksidasi.

Keywords


Media; Audiovisual; Discovery Learning; Hasil Belajar; Reaksi Reduksi Oksidasi

Full Text:

PDF

References


Alfitry, Shilfia. 2020. Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran Konsep Motivasi Prestasi Belajar Siswa. Makassar: E Media Member of Guepedia Group.

Anjelina, Rina., Elvinawati., dan Nurhamidah. 2021. Studi Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. 5(1): 27-34.

Ardana, I Ketut dan I Nengah Suadnyana. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Setting Lesson Study terhdap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD Undiksha UPP Denpasar Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 2(1): 52-58.

Ariaji, Rizky., Nasirsah., dan Salih Angraini Siregar. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran Kimia SMA/MA Menggunakan Camtasia Studio 8. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. 5(1): 55-64.

Ayna, Nur., Sunarwin., dan Magdalena Dhema. 2021. Pengaruh Pemanfaatan Audio Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Journal Education and Chemistry. 3(1): 21-24.

Ernanida. 2019. Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam. 2(1): 101-112.

Haryoko, Sapto. 2012. Efektivitas Pemanfaatan Media-Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro. 5(1): 1-10.

Hardianti dan Wahyu Kurniati Asri. 2017. Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. 1(2): 123-130.

Kristin, F. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. 2(1): 90-98.

Niswatuzzahro, Vivi., Fina Fakhriyah., dan Ratri Rahayu. 2018. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 8(3): 273-284.

Purwono, Joni., Sri Yutmini., dan Sri Anitah. 2014. Penggunaan Media Audiovisual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 2(2): 127-144.

Rosa, N. M. 2015. Pengaruh Sikap pada Mata Pelajaran Kimia dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Formatif. 2(3): 218-226.

Salsabila, Unik Hanifah., Maulida Nurus Sofia., Hilda Putri Seviarica., dan Maulida Nurul Hikmah. 2020. Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Insania. 25(2): 284-304.

Sari, Putri Iman., Gunawan., dan Ahmad Harjono. 2016. Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(4): 176-182.

Wibowo, Hari. 2020. Model dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia. Depok: Puri Cipta Media.

Wisada, Putu Darma., I Komang Sudarman., dan I Wayan Ilia Yuda S. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology. 3(3): 140-146.


Article Metrics

Abstract view : 101 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats