Pengaruh Kuis Interaktif Kahoot! Menggunakan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Bone (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit)

Andi Sri Mutmainna(1), Army Auliah(2*), Ahmad Fudhail(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i3.34265

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kuis interaktif Kahoot! menggunakan Model Discovery Learning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only control group design. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 82,74 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 69,61. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berasal dari varians yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Mann-Whitney dengan α = 0,05 dan diperoleh Zhitung > Ztabel (4,62 > 1,64). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kuis interaktif Kahoot! menggunakan Model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 6 Bone pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit.

ABSTRACT
This is a quasi experiment research that aimed to know the effect of the Kahoot! interactive quiz using the Discovery Learning Model toward students' learning outcomes class X MIPA SMA Negeri 6 Bone on electrolyte and nonelectrolyte solutions subject matter. Research design of this study was post-test only control group design. The research instrument was learning achievement test. This research used descriptive and inferential statistical analysis.The results of descriptive analysis showed the average of learning outcomes of experimental group was 82.74 higher than the control group was 69.61. The results of inferential statistical analysis of learning outcomes showed that the experimental group and the control group data come from homogeneous variances but not normally distributed.The hypothesis test used is the Mann-Whitney test with ∝ = 0.05 and obtained Zcount>Ztable (4.62 >1.64). Based on these data, it can be concluded that the Kahoot! using the Discovery Learning model influences the learning outcomes of students of class X MIPA SMA Negeri 6 Bone on the subject matter of electrolyte and nonelectrolyte solutions.

Keywords


Kuis interaktif Kahoot!, Discovery Learning, Hasil Belajar, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2005. Landasan Teori dalam Pengembangan Metode Pengajaran. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendasmen Direktorat Pend. Lanjutan Pertama.

Gusti, Sri, D. 2020. Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid -19. Medan: Yayasan Kita Menulis.

http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150

Ningrum, G. D. K. 2018. Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1), 22–27.

https://doi.org/10.31932/ve.v9i1.32

Purba, L. S. L., Elferida, S., & Nerlis, H. 2019. Effectivness Of Use of Online Games Kahoot! Chemical to Improve Student Learning Motivation. Jurnal Pendidikan Kimia 11

Setiawati, H. D., Sihkabuden, S., & Adi, E. P. 2018. Pengaruh Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Di Sman 1 Blitar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 273–278. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/5816

Setyosari, P. 2016. Motode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan edisi keempat. Jakarta: Kencana. Prenadamedia Group. https://www.mendeley.com/catalogue/87d3fa71-6c5f-3abe-b0f9-bd37e49d2661/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.4&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7Baa156e8e-6d3f-4321-ae06-9f2ec29d6a4d%7D

Widiadyana, I., Sadia, M., & Suastra, M. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Dan Sikap Ilmiah Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2), 1.


Article Metrics

Abstract view : 165 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats