Efektivitas Model Learning Cycle 5E dengan Teknik Make a Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Bone

Wardani H. Abidin(1), Muharram Muharram(2*), Netti Herawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i1.34259

Abstract


This research is a descriptive research that aims to determine the effectiveness of the 5E learning cycle model with the make a match technique on the learning outcomes of students in class XI MIPA SMA Negeri 6 Bone on the subject matter of acids and bases. The research was conducted by giving a pretest before treatment and giving a posttest after treatment. The subject of this research is class XI MIPA 3 which consists of 36 students. Data were collected using learning outcomes tests and observation sheets which were analyzed descriptively. The results of the study are: (1) Class completeness of students achieved is 83.33%. (2) The average value of normalized gain in learning outcomes of students is 0.78 which is in the high category. (3) The average activity of students in the learning process is 91.49% and is in the very good category. Based on normalized gain, it can be concluded that the application of the 5E learning cycle model with the make a match technique is effective on the learning outcomes of students of class XI MIPA SMA Negeri 6 Bone on the subject matter of acids and bases.

Keywords


Effectiveness, Learning Cycle 5E, Make a Match, Learning Outcomes.

Full Text:

PDF

References


Auliah, A., dan Supriati. 2009. Penerapan Pembelajaran Siklus Belajar Setting Kooperatif STAD pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi). Jurnal Chemica. Vol. 10, No 1.

Bybee, R. 1996. The BSCS 5E Instractional Model. Colorado: Mark Dabling.

Dahar, R. W. 1996. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Renika Cipta.

Dewi, Lismamentari, Ni, G.A., Lulup, Endah T., & Made A. 2013. Pengaruh Pelaksanaan pembelajaran dan kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA Lab Singaraja. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurusan pendidikan Ekonomi. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Elisa, I., Aminuyati., dan Achmadi. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 08, No. 06.

Firman. 2000. Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Maryani, I., dan Laila F. 2018. Pendekatan Scientifik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Teori dan Praktek). Yogyakarta: Deepublish.

Meltzer, D. E. 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics. Vol. 70, No. 12. Pp. 1259-1268.

Nahdiyatun, S. N. 2016. Penerapan Metode Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas III SDN 1 Jenanganponorogo. Jurnal Studi Sosial. Vol. 1, No. 2.

Paramita, M. V. A., Ni Wayan, S., Made V. A. P., dan Imade S. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatipe Make a Match untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif (Bentuk, Warna, Ukuran dan Pola) Anak. E-Journal PG-PAUD. Vol. 2, No.1.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Qarareh, A. O. 2012. The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders. International Journal Education Science. 4(2): 123-132.

Ramadhani, M. 2012. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Elearning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta.

Rejeki, D. P. M., Hasan., dan Abdul G. H. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Peserta Didik SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 03, No. 01.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionaliame Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada..

Saregar, A., Sri L., dan Meisita S. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran CUPs: Dampak Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla‟ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, ISSN: 2303-1832.

Sari, S. D. C., Mulyani, B., dan Utami, B. 2013. Penerapan Siklus Belajar 5e (Learning Cycle 5E) Dengan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Kartasura. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(1): 1-6.

Sari, R. W., Yeza F., dan Azm A. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Fisika Berbasis Hands on Activity (hoa) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rambah Samo. Jurnal Mahasiswa Prodi Fisika UPP. Vol. 1, No. 2.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sinambela, N. J. M. P. 2008. Faktor-faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Jurnal Generasi Kampus. Vol.1, N0.2.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suastika, 2010. Implementasi Model Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) pada Pembelajaran Fisika Materi Dinamika Partikel di Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2010/2011. Yogyakarta: Prosiding Seminar Nasional Penelitian.

Subana. M. R., dan Sudrajat. 2000. Statistika Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibobo, A., Munir., dan Waslaluddin. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle 5e) dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (online) http://cs.upi.edu.

Widyastuti, R. 2010. Hubungan Motivasi Belajar dan Hasil Tes Inteelegensi dengan Prestasi Belajar. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret


Article Metrics

Abstract view : 128 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats