Pengaruh Penggunaan Media Liveworksheets dalam Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Bone (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam Basa)

Andi Evi Febrianti(1), Sumiati Side(2*), Netti Herawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i3.33232

Abstract


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media liveworksheets pada model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Bone tahun pelajaran 2020/2021 pada materi pokok larutan asam basa. Desain penelitian adalah posttest only control group design terhadap sampel yang ditetapkan secara random sampling. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Bone yang terdiri dari enam kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelompok kontrol. Variabel bebas adalah penggunaan media liveworksheets pada model discovery learning dan model discovery learning tanpa media liveworksheets, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik dari materi pokok larutan asam basa. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar sebanyak 25 soal dengan lima pilihan jawaban. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 81,94 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 72,94. Hasil analisis statistik inferensial terhadap data hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji Mann-Whitney dengan α = 0,05 dan diperoleh Zhitung > Ztabel (2,67 > 1,64). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media liveworksheets pada model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Bone pada materi pokok larutan asam basa.

ABSTRACT
This quasi-experimental research aims to determine the effect of using live worksheets on the discovery learning model on the learning outcomes of class XI MIPA students at SMA Negeri 6 Bone in the 2020/2021 academic year on the subject matter of acid-base solutions. The research design was a posttest only control group design against a sample that was determined by random sampling. The research population was students of class XI MIPA SMA Negeri 6 Bone which consisted of six classes, while the samples were class XI MIPA 1 as the experimental group and XI MIPA 2 as the control group. The independent variable is the use of live worksheets on the discovery learning model and the discovery learning model without the live worksheets media, while the dependent variable is the student's learning outcomes from the subject matter of acid-base solutions. Data retrieval is done by giving a test of learning outcomes as many as 25 questions with five answer choices. The results of the descriptive analysis showed that the average learning outcome of the experimental group was 81.94 which was higher than the control group, which was 72.94. The results of inferential statistical analysis of student learning outcomes data show that the experimental group and control group data came from a homogeneous population but not normally distributed so that the hypothesis test used was the Mann-Whitney test with = 0.05 and obtained Zcount > Ztable (2 ,67 > 1.64). Based on these data, it can be concluded that there is an effect of using live worksheets media on the discovery learning model on the learning outcomes of students in class XI MIPA SMA Negeri 6 Bone on the subject matter of acid-base solutions.

Keywords


media liveworksheets, discovery learning, hasil belajar, larutan asam basa

Full Text:

PDF

References


Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Hala, Y., Mushawwir, T. A., & Negri, S., J. 2016. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Jurnal Sainsmat, V(1), 45.

Kurniawan, R. Y. 2016. Identifikasi Permasalahan Pendidikan di Indonesia untuk Meningkatkan Mutu dan Profesionalisme Guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) (Pp. 2 - 5). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Miqro, F. L., Baiq N. H., & Zulandri. 2021. Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.

Prastika, Y., & Masniladevi. 2021. Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614.

Rosa, N. M. 2012. Pengaruh Sikap Pada Mata Pelajaran Kimia dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Salirawati, D. 2006. Penyusunan Dan Kegunaan LKS dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Subana, M. R. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Suryani, I., Mardiati, Y., & Herlanti, Y. 2019. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Manusia. Edusains, 8(2), 150–156.


Article Metrics

Abstract view : 268 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats