Pengaruh Metode Think Pair Share (TPS) dalam Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Enrekang (Studi pada Materi Pokok Asam Basa)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i1.32949
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, Richart. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arki, Andi Khairunnisa Hardyanti., Army Aulia, Iwan Dini. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Model Takalar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam-Basa). Jurnal Chemica. Vol. 18, Nomor 2 71-79.
Dina, Ita Fara. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Bandar Lampung. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan: Lampung.
Fajaryanti, Desi Eka., Vanny M.A., Tiwow., Nurdin Rahman. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Pokok Bahasan Struktur Atom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Palu. J. A kad Kim. Vol.3.,No.3
Handayani, Sri Ratnaningsih. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN Malangga Selatan Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 4, No. 11.
Huda,M.2011. Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie, A. 2004. Cooperative Learning, Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.
Nugraha, Dian Anita., Elfi Susanti VH dan Mohammad Masykuri. 2013. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) yang Dilengkapi Media Kartu Berpasangan (Index Card Match) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Semester Gasal SMAN 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol. 2, No.4.
Rahmania., Muhammad Danial dan Tabarani Gani. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Discovery Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review. Vol. 3., No.2.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sugiarti., Netti Herawati dan Risdawati. 2020. Analisis Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Asam Basa Peserta Didik. Chemistry Education Review. Vol.3., No.2.
Surayya, L., I. W. Subagia, IN. Tika. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4.
Syamsir, Muflihah., Muhammad Danial dan Muhammad Syahrir. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Discovery Learning Berorientasi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review. Vol. 3., No.2.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Pradana Media Group.
Ulya S. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Guided Inquairy Berbasis TPS dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Kelas XI SMA. Unnes Physic Education Journal. 2 (3) (2013).
Wardhani, Aisah Ika., M. Masyakri dam Budi Utami. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model TPS terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Ikatan Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyer Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol.3, No.2
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP. Press Group.
Yurika, Syamsu, Muhammad Ali. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Teknik Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). Vol. 3, No. 3 ISSN 2338-3240.
Article Metrics
Abstract view : 239 times | PDF view : 25 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats