Pengaruh Integrasi Toulmin Argumentation pada Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar (Studi pada Matari Pokok Zat Aditif, Zat Adiktif, dan Psikotopika)

Muhammad Ikbal(1), Ramlawati Ramlawati(2*), Diana Eka Pratiwi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v2i2.32511

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh integarasi metode diskusi Toulmin argumentation pada model pembelajaran Learning cycle 5E terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Desain penelitian adalah “Pretest Posttest Control Design”. Variabel bebas adalah integrasi Toulmin argumentation pada model pembelajaran Learning cycle 5E dan model pembelajaran Learning cycle 5E, dan variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis. Populasi adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar yang bukan kelas akselerasi yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purpossive random sampling. Sampel penelitian ada dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing 33 orang. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan berpikir kritis. Data keterampilan berpikir kritis yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata pretest dan posttest berturut-turut pada kelas eksperimen adalah 23,48 dan 73,95 dengan rata-rata N-gain 0,655 (sedang). Sedangkan kelas kontrol 21,23 dan 59,85 dengan rata-rata N-Gain 0,507 (Sedang). Ketuntasan pada kelas eksperimen sebesar 39,39% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0% dengan nilai KKM adalah 79. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 5,6212 dan pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 64 diperoleh ttabel = 2,0369. Oleh karana thitung > ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa integrasi metode Toulmin argumentation pada model pembelajaran Learning cycle 5E berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar pada materi pokok zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika.

Keywords


Toulmin Argumentation, Learning Cycle 5E, Keterampilan Berpikir Kritis, Zat Aditif, Zat Adiktif, dan Psikotropika

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Colorado State University. 2015. The Toulmin Methode. Article. http://writing.colostate.edu/guides/guidecfm?guideid=58. Colorado State University.

Ennis, Robert H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Emeritus Professor, University of Illinois.

Kemendiknas. 2015. Hasil Ujian Nasional SMP 2015. Artikel. http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/4292.

Roshayanti, Fenny. 2013. Pengembangan Asesmen Argumentatif untuk Meningkatkan Pola Wacana Argumentasi Mahasiswa pada Konsep Fisiologi Manusia. Junnal Bioma Vol.2, No. 1

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progeresif: Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.

Wibowo, A. dkk. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. (online) http://cs.upi.edu (diakses 15 Maret 2015)


Article Metrics

Abstract view : 66 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats