Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 11 Makassar pada Materi Pokok Hasil Kali Kelarutan

Indra Juandis(1), Army Auliah(2*), Hardin Hardin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i1.28210

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model Discovery Learning berbantuan Edmodo ditinjau dari Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 11 Makassar. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMAN 11 Makassar yang terdiri dari tujuh kelas. One group pretest-posttest design digunakan dalam penelitian ini terhadap tujuh kelas peserta didik kelas XI MIA SMAN 11 Makassar sebagai populasi penelitian ini. Sampel penelitian yang ditetapkan secara acak adalah kelas XI MIA 7 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes pra dan pasca uji.. Hasil analisis menunjukkan rata-rata hasil belajar yang diperoleh dari hasil analisis statistic deskriptif pada pretest sebesar 37,31 dan pada posttest sebesar 74,77. Hasil analisis statistic inferensial dengan uji gain ternormalisasi untuk hasil belajar diperoleh sebesar 0,6 dengan kategori tafsiran efektivitas N-gain sebesar 58%. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Model Discovery Learning berbantuan Edmodo efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 11 Makassar pada materi pokok hasil kali kelarutan

Keywords


edmodo, model discovery learning, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto. S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Balasubramanian, Kandappan & Jaykumar, Leena N. K. 2014. Student Preference Towards The Use of Edmodo as a Learning, Platform to Create Responsible Learning Environment. Prosiding, Asia Euro Conference. Selangor: School of Hopitality, Tourism and Culinary Arts Taylor’s University.

Basori. 2013. Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo” dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi Ptm Jptk FKIP UNS. Jurnal JIPTK. Vol (6), no. 2.

Darmadi, 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Iriyany, Dwi dkk. 2017. Penggunaan E-learning Berbasis Social Media Edmodo bagi Guru Sekolah Dasar Negeri Mulyoreji I Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. ISSN: 2579-9916.

Istiqomah, Sri B. T., & Azizah, Ninik. 2013. Penerapan Metode Blended Learning Berbasis ICT. Jurnal Eduhealth. Vol (3), no. 2.

Jabar, Abdul. 2013. Pembelajaran Elektronika pada Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol (8), no. 1.

Jumaeroh, Siti dan Zuhaida, Anggun. 2019. Pengaruh Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Tekanan dengan Model Discovery Learning. Journal of Natural Science Teaching. Vol (2) no. 2.

Kamarga, Hansiswany. 2011. Constructing Online Based History Learning. Comparison of Learning Management System (LMS). International Journal of History Education. Vol (12), no. 2.

Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Leifudin. 2017. Belajar dan Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Maryani, Ika. 2015. Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish.

Mawardi. 2016. Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving Ditinjau dari Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 3 SD di Gugus Diponegoro. Scholaria. Vol (6), no. 1.

Nurdiyansyah & Fahyuni, Eni Fariyatul. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Yuliana Nabila. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran. Vol (2). no. 1.

Prasetiyono, Singgih & Meini. 2014. Pengembanagan Pembelajaran E-learning Berbasis Edmodo pada Kompetensi Dasar Menerapkan Konsep Dasar Sistem Komunikasi Data Sinyal Digital Melalui Media Kabel Fiber dan Frekuensi Radio di SMKN 1 Jetis Mojokerto. E-Journal UNESA. Vol (3), no. 2.

Putranti, Nurita. 2013. Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Vol (2), no. 2.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sanaky, Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sudibjo, Ari, Wasis. 2013. Penggunaan Media Pembelajaran Fisika dengan E-learning Berbasis Edmodo Blog Education pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Respon, Motivasi, dan Hasil Belajar Siswa di SMAN 4 Surabaya. E-Journal UNESA. Vol (2), no. 3.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumianingrum, Ninok Eyiz., wibawanti, Hari dan Haryono. 2017. Efektivitas Metode Discovery Learning Berbantuan E-Learning Di SMA Negeri 1 Jepara. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan dan Pembelajaran. Vol (1), no.3.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutrisno,Valiant Lukad Perdana dan Siswanto, Budi Tri. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol (6), no. 1.

Ulfah, Tya., Rusman dan Khaldun Ibnu. 2016. Analisa Kesulitan Pemahaman Konsep Kelarutan dan hasil Kali Kelarutan pada Siswa SMA Inshafuddin Tahun Ajaran 2015/2016.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia. Vol (1), no. 4.


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats