Keefektifan Model Discovery Learning Secara Daring Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik kelas XI Mia SMA Negeri 21 Bone (Study pada Materi pokok Laju Reaksi)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i1.27879
Abstract
keefektifan Model Discovery Learning secara daring terhadap peningkatan hasil belajar
peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 21 Bone pada materi pokok Laju Reaksi. Desain
penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini
adalah kelas XI MIA 1 yang berjumlah 27 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan selama
lima kali pertemuan, yang terdiri dari satu kali pelaksanaan pretest, tiga kali proses
pembelajaran dan satu kali pelaksanaan posttest. Pengambilan data dilakukan dengan
menggunakan instrumen hasil belajar peserta didik. Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai
rata-rata sebelum perlakuan yaitu 31,40 dan setelah perlakuan 81,20. Nilai rata-rata N-Gain
0,703 dengan kategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa, keefektifan Model Discovery
Learning secara daring berada pada kategori tinggi terhadap peningkatan hasil belajar peserta
didik kelas XI MIA SMA Negeri 21 Bone materi pokok laju reaksi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, Dan Karlina Putri. 2016.
Efektivitas Model Discovery
Learning Pada Materi Poko Laju
Reaksi Terhadap Hasil Belajar Dan
Kreativitas Belajar Peserta Didik
SMK Penerbangan. Jurnal Kimia.
Vol.2(4).
Eggen, Paul, dan Kouchak, Donald. 2012.
Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Firman. 2000. Penilaian Hasil Belajar
dalam Pengajaran Kimia. Bandung:
Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA
UPI.
Fitri, Mariza dan Derlina. 2015.
Pengaruh Model Discovery
Learning Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan
Kalor. Jurnal Inpafi.Vol. 3(2).
Istiana. Saputro, A.N. Sukarjo. 2015.
Penerapan Model Discovery
Learning Untuk Meningkatkan
Aktivitas Dan Prestasi Belajar
Pokok Bahasan Larutan Penyangga
Kelas XI IPA SMAN 1 Ngemplak.
Jurnal Pendidikan Kimia. Vol.4(2).
Junaedi,D. 2020. Penerapan model
pembelajaran discovery untuk
meningkatkan hasil belajar peserta
didik pada materi energy bunyi.
Jurnal education FKIP UNMA.
Vol.6(1).
Kusnadi. 2018. Metode pembelajaran
kolaboratif: Penggunaan Tools
SPSS Dan Video Scribe.
Tasikmalaya: Edu Publisher.
Kusnadi. 2018. Metode pembelajaran
kolaboratif: Penggunaan Tools
SPSS Dan Video Scribe.
Tasikmalaya: Edu Publisher.
Lestari, Witri. 2017.
Efektivitas Model Pembelajaran Gui
ded Discovery Learning Terhadap
Hasil Belajar Matematika. Jurnal
SAP. Vol. 2(1).
Nashiroh, Putri K., Fitria E., & Riska, D, R.
Efektivitas Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
Jigsaw Berbantuan Mind Map
Terhadap Kemampuan Pedagogik
Mahasiswa Mata Kuliah
Pengembangan Program Diklat.
Jurnal Pendidikan Teknologi dan
Kejuruan. Vol. 17(1).
Prilliza Masayu Diska, Nur Lestari, dkk.
Efektivitas Penerapan Model
DiscoveryLearning Terhadap Hasil
Belajar Ipa. Jurnal Mipa. Vol.15(2).
Putri Dan Lesmono. 2017. Pengaruh Model
Discovery Learning Terhadap
Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar
Peserta Didik Pada Materi Fisika
MAN Bondowoso. Jurnal
Pembelajajaran Fisika. Vol.6(2).
Wati, Yulisna dan Sartiman. 2019.
Pengaruh Discovery Learning
Terhadap Hasil Belajar. Journal
Indonesian of Science and
Mathematics Education. Vol. 2(1).
Article Metrics
Abstract view : 129 times | PDF view : 25 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats