Keefektifan Model Discovery Learning Secara Daring Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik kelas XI Mia SMA Negeri 21 Bone (Study pada Materi pokok Laju Reaksi)

Sidar Sidar(1*), Hasri Hasri(2), Army Auliah(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i1.27879

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi
keefektifan Model Discovery Learning secara daring terhadap peningkatan hasil belajar
peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 21 Bone pada materi pokok Laju Reaksi. Desain
penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini
adalah kelas XI MIA 1 yang berjumlah 27 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan selama
lima kali pertemuan, yang terdiri dari satu kali pelaksanaan pretest, tiga kali proses
pembelajaran dan satu kali pelaksanaan posttest. Pengambilan data dilakukan dengan
menggunakan instrumen hasil belajar peserta didik. Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai
rata-rata sebelum perlakuan yaitu 31,40 dan setelah perlakuan 81,20. Nilai rata-rata N-Gain
0,703 dengan kategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa, keefektifan Model Discovery
Learning secara daring berada pada kategori tinggi terhadap peningkatan hasil belajar peserta
didik kelas XI MIA SMA Negeri 21 Bone materi pokok laju reaksi.

Keywords


Keefektifan, Discovery Learning, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Andriani, Dan Karlina Putri. 2016.

Efektivitas Model Discovery

Learning Pada Materi Poko Laju

Reaksi Terhadap Hasil Belajar Dan

Kreativitas Belajar Peserta Didik

SMK Penerbangan. Jurnal Kimia.

Vol.2(4).

Eggen, Paul, dan Kouchak, Donald. 2012.

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:

Rineka Cipta.

Firman. 2000. Penilaian Hasil Belajar

dalam Pengajaran Kimia. Bandung:

Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA

UPI.

Fitri, Mariza dan Derlina. 2015.

Pengaruh Model Discovery

Learning Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan

Kalor. Jurnal Inpafi.Vol. 3(2).

Istiana. Saputro, A.N. Sukarjo. 2015.

Penerapan Model Discovery

Learning Untuk Meningkatkan

Aktivitas Dan Prestasi Belajar

Pokok Bahasan Larutan Penyangga

Kelas XI IPA SMAN 1 Ngemplak.

Jurnal Pendidikan Kimia. Vol.4(2).

Junaedi,D. 2020. Penerapan model

pembelajaran discovery untuk

meningkatkan hasil belajar peserta

didik pada materi energy bunyi.

Jurnal education FKIP UNMA.

Vol.6(1).

Kusnadi. 2018. Metode pembelajaran

kolaboratif: Penggunaan Tools

SPSS Dan Video Scribe.

Tasikmalaya: Edu Publisher.

Kusnadi. 2018. Metode pembelajaran

kolaboratif: Penggunaan Tools

SPSS Dan Video Scribe.

Tasikmalaya: Edu Publisher.

Lestari, Witri. 2017.

Efektivitas Model Pembelajaran Gui

ded Discovery Learning Terhadap

Hasil Belajar Matematika. Jurnal

SAP. Vol. 2(1).

Nashiroh, Putri K., Fitria E., & Riska, D, R.

Efektivitas Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe

Jigsaw Berbantuan Mind Map

Terhadap Kemampuan Pedagogik

Mahasiswa Mata Kuliah

Pengembangan Program Diklat.

Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan. Vol. 17(1).

Prilliza Masayu Diska, Nur Lestari, dkk.

Efektivitas Penerapan Model

DiscoveryLearning Terhadap Hasil

Belajar Ipa. Jurnal Mipa. Vol.15(2).

Putri Dan Lesmono. 2017. Pengaruh Model

Discovery Learning Terhadap

Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar

Peserta Didik Pada Materi Fisika

MAN Bondowoso. Jurnal

Pembelajajaran Fisika. Vol.6(2).

Wati, Yulisna dan Sartiman. 2019.

Pengaruh Discovery Learning

Terhadap Hasil Belajar. Journal

Indonesian of Science and

Mathematics Education. Vol. 2(1).


Article Metrics

Abstract view : 128 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats