Penerapan Aplikasi Google Classroom dalam Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA MA DDI Cambalagi (Studi Materi Reaksi Redoks)

Asma Thushaliha(1), Sugiarti Sugiarti(2*), Pince Salempa(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i1.27858

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dalam Discovery Learning peserta didik kelas X MIA 1 MA DDI Cambalagi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021, yaitu bulan Maret sampai Mei. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 MA DDI Cambalagi yang terdiri dari 23 orang. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat Langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang membentuk satu siklus. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, angket, dan tes hasil belajar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan sebanyak dua siklus, motivasi dan hasil belajar selalu meningkat. Hasil motivasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 67,22% dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,88% dalam kategori baik. Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, pada siklus I terdapat 47,83% peserta didik yang memenuhi KKM dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 86,96%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi Google Classroom dalam Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA 1 MA DDI Cambalagi pada materi reaksi redoks.


ABSTRACT
This research is a classroom action research that aims to find out the steps to increase students' motivation and learning outcomes by using the Google Classroom application in Discovery Learning for students of class X MIA 1 MA DDI Cambalagi. This research was conducted in the even semester of the 2020/2021 academic year, from March to May. The population of this study were students of class X MIA 1 MA DDI Cambalagi which consisted of 23 people. This study uses the Kemmis and Mc Taggart model which consists of four steps, namely planning, action, observation and reflection which form a cycle. Data were collected using the method of observation, questionnaires, and learning outcomes tests. Based on research conducted in two cycles, motivation and learning outcomes always increase. The results of students' learning motivation in the first cycle was 67.22% in the sufficient category and increased in the second cycle to 81.88% in the good category. Student learning outcomes also increased, in the first cycle there were 47.83% of students who met the KKM and an increase in the second cycle, namely 86.96%. So it can be concluded that the application of the Google Classroom application in Discovery Learning can increase the motivation and learning outcomes of class X MIA 1 MA DDI Cambalagi students on redox reaction material.
Keywords : Google Classroom, Discovery Learning, Learning Motivation, Learning Outcomes.

Keywords


Google Classroom, Discovery Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Ambassari, Tyas. 2020. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Media Pembelajaran Discovery Learning melalui Google Classroom di SMA Negeri 1 Bayal. Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi. Vol. 4. No.1.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Batita, Mourisih Sofie, Satrios Hadi, dan Admaja Dwi Herlambang. 2019. Analisis Perbandingan Blended Learning Berbasis Edmodo dan Google Classroom ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pengembang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 6. No. 2.

Bintarawati, Dwining, dan Yudin Citriadin. 2020. Implementasi Kelas Virtual dengan Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia di SMA Negeri Bekasi. SPIN Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia. Vol. 2. No. 2.

Daniati, Bambang Ismanto, dan Iga Luhsasi. 2020. Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model E-Learning Berbasil Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan. Vol. 6. No. 3.

Lestari, Endang Titik. 2020. Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Peserta didik Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Longa, Albina Evarista. 2021. Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Maumere. Journal Icon Teacher Education. Vol. 2. No. 2.

Nirfiyanti dan Nurbaeti. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika dan pendidikan Matematik. Vol. 2. No. 1.

Perbawaningsih, J. 2005. Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Sikap Dan Perilaku Terhadap Personal Computer. Jakarta: UI-Press.

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Subidjo, Ari. 2019. Penggunaan Media Pembelajaran IPA Berbasis Google Classroom pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Respon Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMP Neg. 4 Surabaya. Journal Education and Development. Vol. 7. No.


Article Metrics

Abstract view : 17 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats