Efektivitas Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang (Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi)

Tuski Tuski(1), Muhammad Syahrir(2*), Sugiarti Sugiarti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas negeri Makassar
(3) universitas negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i1.27785

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah model discovery learning efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang (materi pokok reaksi redoks). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 yang berjumlah 30 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan hasil belajar dari rata-rata sebelum perlakuan yaitu 46 meningkat menjadi 71 dengan rata-rata gain ternormalisasi 0,67 yang artinya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang setelah menggunakan model discovery learning berada pada kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu sampel diperoleh thitung = 4,152 lebih besar dari ttabel = 1.699 pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang (materi pokok reaksi redoks).

Keywords


Discovery learning, hasil belajar, reaksi redoks

Full Text:

PDF

References


abidin, yunus. 2014. desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. bandung: pt refika aditama.

dalyono, m. 2009. psikologi pendidikan. jakarta: pt. renika cipta.

firman, h. (2000). penilaian hasil belajar dalam pengajaran kimia. bandung: jurusan pendidikan kimia fpmipa upi.

hikmat, h., hermawan, e., aldim, a., & irwandi, i. (2020). efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19: sebuah survey online. lp2m.

istiana, g. a., saputro, a. n. c., & sukarjo, j., s. 2015. penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pokok bahasan larutan penyangga kelas xi ipa semester ii sma negeri 1 ngemplak tahun pelajaran 2013/2014. jurnal pendidikan kimia, 4 (2): 65-73.

kurniasih, sani. 2014. strategi-strategi pembelajaran. alfabeta: bandung

lestari, witri. 2017. efektifitas model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar matematika. jurnal sap. vol.2. no.1

murdiandari, w., fadiawati. n., dan tania, l. 2015. pembelajaran model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir pada materi laju reaksi. jurnal pendidikan pembelajaran kimia. vol. 4 no.2.

nashiroh, putri k., fitria e., & riska, d, r. (2020). efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind map terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa mata kuliah pengembangan program diklat. jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 17(1).

pratiwi, indah dewi. 2019. upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran ipa smp 6. bengkulu: iain

prilliza, masayu diska, nur lestari, dan i wayan merta. 2020. efektivitas penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar ipa. jurnal pijar mipa. vol. 15 no.2

putri, rizka hartami, dan albertus djoko lesmono. 2017. pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa man bondowoso. jurnal pembelajaran fisika, vol .6 no.2

roetiyah. 2011. strategi belajar mengajar. jakarta: rineka cipta

slameto. 2010. belajar dan faktor yang mempengaruhinya. jakarta: rineka cipta

trianto. 2007. model model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik. prestasi pustaka: jakarta

widiadnyana i.w, sadia i.w, dan suastra i.w. 2014. pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep ipa dan sikap ilmiah siswa smp. e-journal program pascasarjana universitas pendidikan ganesha program studi ipa. volume 4.


Article Metrics

Abstract view : 223 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats