Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving dan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Makassar (Studi pada Materi Pokok Stoikiometri)

Nur Aliana(1*), Sugiarti Sugiarti(2), Sulfikar Sulfikar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v2i3.26657

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Posttest-Only Control Design, bertujuan untuk membandingkan apakah hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada yang diajar dengan model pembelajaran langsung dalam mempelajari stoikiometri. Populasi berasal dari seluruh kelas X SMA Negeri 3 Makassar sebanyak 360 siswa. Hasil random sampling diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen 2. Variabel penelitian yaitu model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran langsung sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Pengambilan data melalui post-test yaitu tes uraian sebanyak tujuh item yang telah divalidasi isi. Perolehan data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai kelas eksperimen 1 adalah (rata-rata 89,28, sd ± 6,92) dengan ketuntasan kelas sebesar 91,7% dan kelas eksperimen 2 adalah (rata-rata 59,67, sd ± 11,31) dengan ketuntasan kelas sebesar 0%. Analisis inferensial menggunakan uji t’ diperoleh t’ ≥ nKt’ yaitu 13,40 ≥ 1,69. Dengan demikian, hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung dalam mempelajari stoikiometri.

Keywords


Pembelajaran Problem Solving, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. 2000. Strategi Belajar Mengajar Kimia: Prinsip dan Aplikasinya. Bandung: UPI.

Djamarah, S.B., & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Muijs, D., & Reynolds, D. 2008. Effective Teaching: Teori dan Aplikasi (edisi kedua) (Terjemahan oleh Helly Prajitno Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nur, M. 2005. Guru yang Berhasil dan Model Pengajaran Langsung. DEPDIKNAS LPMP Jawa Timur: Surabaya.

Nur, M. 2011. Model Pengajaran Langsung. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, N. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 138 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats