Pengaruh Penggunaan Media Quizlet pada Materi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMK-PP Negeri Rea Timur pada Materi Pokok Struktur Atom, Sistem Periodik dan Ikatan Kimia

Ayu Amalia Andi Mandasini(1*), Alimin Alimin(2), Hardin Hardin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v2i3.26625

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media quizlet pada model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMK-PP Negeri Rea Timur tahun pelajaran 2020/2021 pada materi pokok struktur atom, sistem periodik dan ikatan kimia. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasinya adalah peserta didik kelas X SMK-PP Negeri Rea Timur yang terdiri dari enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas X Keperawatan Hewan (KPH) sebagai kelompok eksperimen dan X Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT) sebagai kelompok kontrol. Variabel bebasnya adalah penggunaan media quizlet pada model pembelajaran teams games tournament dan model pembelajaran teams games tournament tanpa media quizlet. Variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik dari materi pokok struktur atom, sistem periodik dan ikatan kimia. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis prasyarat statistik inferensial terhadap tes hasil belajar menunjukkan bahwa data pada kelompok eksperimen dan kontrol terdistribusi normal serta memiliki varians yang homogen. Hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 3,36 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 22 sebesar 2,07 yang berarti, nilai thitung > ttabel (3,36 > 2,07) sehingga H0 ditolak atau H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media quizlet pada model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMK-PP Negeri Rea Timur pada materi pokok struktur atom, sistem periodik dan ikatan kimia.

Keywords


Teams games tournament, media quizlet, hasil belajar, struktur atom, sistem periodik dan ikatan kimia

Full Text:

PDF

References


Alimin, dkk. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas MS SMAN 3 Lau Maros (Studi pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia). Jurnal Chemica. Vo. 15 Nomor 2, 66 – 76.

Angkowo, R. 2010. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Aribowo, Eric. 2019. Quizlet: Penggunaan Aplikasi Smartphone untuk Siswa dalam Mendukung Mobile Learning. Seminar Nasional Pendidikan Bahasan Indonesia. ISSN: 2477-636X.

Aristiyo, Dedi N. 2019. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Quizlet Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (Jpse). Volume: 5, Nomor: 1.

Chang, Raymond. 2008. Kimia Dasar: Konsep-Konsep Inti (3ed) Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Davis, Raymond. 2006. Modern Chemistry. USA: Holt, Rinehart, and Winston.

Firman, Harry. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 3: Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI.

Hardin, dkk. 2013. Penerapan Metode Diskusi Berkelanjutan pada Mata Pelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA6SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Chemica. Vo. 14 Nomor 1, 46 – 54.

Kalecky, R. 2016. Quizlet vs. Vocabulary Notebook: The Impact of Different Methods of Storing and Revising Vocabulary on Students’ Progress, Retention and Autonomy. Thesis. Masaryk University: Department of English and American Studies Teaching.

Marwah, Dkk. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Struktur Atom Dan Sistem Periodik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sma Negeri 6 Palu. J. Akad. Kim. 3(1): 36-41

Purba, M. 2004. Kimia Untuk SMA kelas XI. Jakarta: Erlangga

Sari, Dhany E. 2019. Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. Vol. 29, No. 1.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research And Practice. London: Allymand Bacon.

Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sufairoh. 2016. Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional. Volume 5, No. 3.

Sulisworo, D., Nursulistiyo, E., dan Artha, D. 2018. Panduan Pelatihan Mobile Cooperative Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Sumiharso, Rudy. 2017. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.

Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Taniredja, T., Faridli, E., dan Harmianto, S. 2013. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Uno, B.H. dan Nurdin Mohammad. 2012. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Vargas, J.M. 2011. Modern Learning: Quizlet in The Social Studies Classroom. Thesis. Kansas: Wichita State University.

Yana, Dewi & Adam. 2019. Efektivitas Penggunaan Platform LMS Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended LearningTerhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Dimensi. Vol. 8, No. 1: 1-12.

Widyawati, R. L., Utomo, B. S., dan Saputro, S. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (Tgt) dilengkapi Flash Chemquiz untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Materi Hidrokarbon pada Siswa Kelas X-8 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Volume 5, Nomor 4: 75-82.


Article Metrics

Abstract view : 585 times | PDF view : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats