Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievment Division) untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 14 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam Basa)

Irayanti Muslim(1*), Pince Salempa(2), Halimah Husain(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v2i3.26616

Abstract


Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan langkah - langkah model pembelajaran STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 14 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi yang terdiri atas lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 45,32% dengan predikat cukup dan siklus II sebesar 71.62% dengan predikat aktif dan ketuntasan kelas sebesar 42,85% dengan kategori belum tuntas pada siklus I dan 85,71% dengan kategori tuntas pada siklus II. Data hasil penelitian menunjukkan langkah-langkah pembelajaran STAD yang diterapkan sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 14 Makassar yaitu: (1) fase pendahuluan dengan memberikan apersepsi mengenai materi, motivasi dan tujuan pembelajaran, (2) fase penyajian materi dengan menyajian materi menggunakan objek amatan sehingga menimbulkan pertanyaan , (3) fase mengorganisasi ke dalam kelompok dengan membagi siswa secara heterogen, (4) fase pembimbingan dengan mengarahkan siswa untuk bekerjasama menyelesaikan LKS, presentase, berdiskusi, dan menarik kesimpulan, (5), fase evaluasi dengan memberikan tes individu kepada siswa yang hasilnya akan menjadi penentu kelompok yang berhak menjadi kelompok terbaik, dan (6) fase penghargaan dengan memberikan pujian dan hadiah bagi kelompok terbaik.

Keywords


Kooperatif STAD, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suarsimi. 2008. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Nur, Mohammad. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa.

Sunilawati, Ni Made, Nyoman Dantes dan I Made Candiasa . 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi

Paikem. Bandung: Pustaka Belajar.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yanuar A. 2015. Rahasia Jadi Guru Favorit-Inspiratif. Yogyakarta: Diva Press.


Article Metrics

Abstract view : 237 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats