IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING DAN PENELITIAN AUTENTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII D SMP NEGERI 1 SINJAI TIMUR

Rustan Rustan

Abstract


This research is a classroom action research (PTK), which aims to determine the increase science process skills of students in grade VIII D SMPN 1 Sinjai East Academic Year 2015/2016 through the implementation of discovery learning and authentic assessment. The subjects were students in grade VIII D SMPN 1 East Sinjai academic year 2015/2016. Procedures classroom action research was conducted in two cycles and each cycle consisting of four meetings. From the second cycle is a series of interrelated activities. At each cycle is held three times face to face meeting and the meeting measurement of Science Process Skills (KPS) to see an increase in science process skills of learners. This study is successful if the students in the classical obtain an average value of science process skills of 60. The results showed science process skills of students in the first cycle and the second cycle is 58.73 77.62. Based on the indicators of the success of the study was halted in the second cycle having already meet or exceed the specified indicators of success.

Keywords: discovery learning, science process skills, authentic assessment

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 1 Sinjai Timur Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui implementasi discovery learning dan penilaian autentik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 1 Sinjai Timur tahun pelajaran 2015/2016. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan disetiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Dari kedua siklus ini merupakan rangkaian kegiatan yang saling berkaitan. Pada setiap siklus diadakan tatap muka sebanyak tiga kali pertemuan dan satu pertemuan pengukuran Keterampilan Proses Sains (KPS) untuk melihat peningkatan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila peserta didik secara klasikal memperoleh nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 60. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses sains peserta didik pada siklus I adalah 58,73 dan siklus II 77,62. Berdasarkan pada indikator keberhasilan maka penelitian ini dihentikan pada siklus II karena telah memenuhi bahkan melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Kata Kunci: discovery learning, keterampilan proses sains, penilaian autentik


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Bahariah. 2014. Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Angkasa Maros. Tesis. Prodi Pendidikan Fisika PPs UNM.

Cahyo, A. N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogjakarta: DIVA Press.

Diqfaini, Ina. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatakan Keterampilan Proses Sains. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar. Prodi. Fisika PPs UNM

Kakaly, Sulastrri. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Strategi Genertif untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas IX IPA SMA Tut Wuri Handayani Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar. Prodi. Fisika PPs UNM.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IX. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kusuma, W. & Dwitagama, D. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Mulyasa. 2011. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rosda

Karya

Paizaluddin & Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Priansa, D. J. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Siregar, E. & Nara, H. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor. Ghalia Indonesia.

Syah, M. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suciati Sudarisman. Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses.

http://eprints.uns.ac.id/1000/1/1264-2849-1-SM.pdf . diakses tanggal 13 Januari 2016. Suciati Sudarisman. Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses. http://eprints.uns.ac.id/1000/1/1264-2849-1-SM.pdf . diakses tanggal 13 Januari 2016.

Tawil, Muh. & Liliasari. 2014. Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.

Uno, H. B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta. Bumi Aksara.

Uno, H. B. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta. Bumi Aksara.

Warsono & Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya Ofset.

Widoyoko, S. E. P. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) memiliki ISSN Cetak: 1858-330X dan ISSN Online: 2548-6373