Author Guidelines
Petunjuk bagi (Calon) Penulis
JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA (JSPF)
- Artikel yang ditulis untuk JSPF meliputi hasil telaah (hanya atas undangan) dan hasil penelitian sains dan pendidikan fisika. Naskah, diketik dengan program Microsoft Word, huruf Time New Roman, ukuran 12 pts , dengan spasi ganda, dicetak pada kertas A4 dengan panjang maksimum 40 halaman, dan dikirimkan melalui sistem OJS JSPF.
- Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Sistematika artikel hasil penelitian adalah judul, nama penulis, abstrak disertai kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, simpulan, serta daftar rujukan
- Judul artikel dalam bahasa Indonesia tidak boleh lebih dari 14 kata, judul dicetak dengan huruf kapital dengan ukuran 14 pts dengan posisi center.
- Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai lembaga asal, dan ditempatkan di bawah judul artikel. Untuk naskah yang ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail di bawah tulisan nama penulis. Posisi nama penulis dan alamat korespondensi center.
- Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang abstrak 75-100 kata, sedangkan jumlah kata kunci 3-5 kata. Abstrak minimal berisi judul, tujuan, metode, dan hasil penelitian.
- Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel.
- Bagian metode berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan peneliti, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel.
- Bagian hasil penelitian memuat paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi penjelasan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian yang sejenis. Panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari total panjang artikel.
- Bagian simpulan berisi temuan penelitian yang merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Simpulan disajikan dalam bentuk paragraf.
- Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% berupa rujukan terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). Artikel yang dimuat dalam JSPF disarankan untuk digunakan sebagai rujukan.
- Tata cara penyajian kutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan dalam Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Universitas Negeri Makassar, 2010) atau mencontoh langsung tata cara yang digunakan dalam artikel yang telah dimuat. Artikel berbahasa Indonesia menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan istilah-istilah yang dibakukan oleh Pusat Bahasa.
- Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat hasil kutipan. Contoh: (Bernard, 2000:123).
- Pustaka acuan disajikan mengikuti tata cara seperti contoh berikut dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.
Buku:
Anderson, D.W.; Vault V.D.; & Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCutchan Publishing Co.
Buku kumpulan artikel:
Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.
Artikel dalam buku kumpulan artikel:
Russel, T. 1998. An Alternative Conception: Representing Representation. Dalam P.J. Black & A. Lucas (Eds), Children’s informal Ideas in Science (hIm. 62-84). London: Routledge.
Artikel dalam jurnal atau majalah:
Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX (4): 57-61.
Artikel dalam koran:
Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11.
Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang):
Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm.3.
Dokumen resmi:
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.
Undang-undang Republik lndonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional 1990. Jakarta. PT. Armas Duta Jaya.
Buku terjemahan:
Ary, D.; Jacobs, L.C.; & Razavich, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.
Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Peflelitian:
Kuncoro, T. 1996. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Malang Jurusan Bangunan, Program Studi Bangunan Gedung: Suatu Studi Berdasarkan Kebutuhan Dunia Usaha Jasa Konstruksi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP MALANG.
Makalah seminar, Iokakarya, penataran:
Waseso, MG. 2001. isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin, 9-11 Agustus.
Internet (karya individual):
Hitchcock, S.; Can, L; & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1 995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html, diakses 12 Juni 1996).
Internet (artikel dalam jurnal online):
Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No.4, (http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2000).
Internet (bahan diskusi):
Wilson, D. 20 November 1995. Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List, (Online), (NETTRAlN@ubvm.cc.buffalo.edu,diakses 22 November 1995).
Secara umum, format penulisan artikel dapat diunduh di [klik] Unduh Template Artikel JSPF
Copyright Notice
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed underi a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License
The author has the right to license their work, and in this case, the author chooses the Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs (CC BY-NC-ND) license. With this license, the author imposes certain restrictions on how their work can be used, with the aim of supporting specific principles.
The CC BY-NC-ND license allows others to download and share the work as long as they do not change it, use it for commercial purposes, and do not create derivative works. This gives the author control over the use and distribution of their work, ensuring that the integrity of the work is preserved.
By choosing this license, the author indicates their preference for non-commercial use and preserving the original form of the work without modifications. It is an inherent right of the author to manage and direct how their work can be utilized by others, creating a framework that aligns with their values and preferences regarding creativity and the use of their work.