PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MAKASSAR BAGI SISWA SMP/MTs. DI SULAWESI SELATAN
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i1.1139
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk materi pembelajaran bahasa Makassar bagi siswa SMP/MTs. yang layak dari segi isi, bahasa, dan penyajian. Desai penelitian yang digunakan mengacu pada penelitian pengembangan Four-D oleh Thiagarajan (1974:5) yang melalui empat tahap, yaitu (1) pendefinisian; (2) perencanaan ; (3) pengembangan, dan (4) penyebarluasan. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis domain dengan prinsip kritis dan reflektif. Materi pembelajaran ini divalidasi oleh pakar pengajaran bahasa, linguistik, dan paakar sastra serta diujicobakan kepada guru bahasa Makassar tingkat SMP/MTs di Kota Makassar sebagai praktisi di lapangan...Temuan penelitian menggambarkan bahwa setelah produk ini drevisi, maka hasil penilaian produk akhir berada pada kategori sangat layak (92%).Demikian pula hasil uji coba praktisi (guru) di lapangan, berada pada kategori sangat layak (96%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk materi pembelajaran bahasa Makassar yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu sumber bahan ajar bahasa Makassar di Sulawesi Selatan
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 698 times | PDF view : 290 timesRefbacks
Copyright (c) 2015 Journal of Educational Science and Technology
Editorial Office
Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar
Jl Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia | |||||
jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id | |||||
https://ojs.unm.ac.id/JEST/index | |||||
085299898201 (WA) | |||||
EST Index by: