DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS EKSPERIMEN PADA MATERI FISIKA KELAS X SEMESTER GENAP

Eva Septiana Dewi, Muhammad Arsyad, Khaeruddin Khaeruddin

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan tujuan 1). untuk mengevaluasi validitas lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen; 2). untuk mendeskripsikan penilaian guru terhadap lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen; 3). untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen; 4). untuk mensintesis efektifitas penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah responden terdiri dari 6 orang guru fisika yang berasal dari 5 sekolah berbeda yang ada di kabupaten Luwu Timur dan peserta didik SMAN 3 Luwu Timur kelas X bejumlah 25 orang pada tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan: (1) lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen dikatakan valid terlihat dari nilai validitas konten yang diperoleh adalah 1. (2) persentase respon guru terhadap lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen diperoleh 89.9%. (3) persentase persepsi peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik diperoleh 83,7%. (4) efektivitas penggunaan LKPD dikatakan efektif terlihat pada ketuntasan belajar peserta didik telah mencapai kriteria ketuntasan minimum.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, M. A. 2017. Peranan Pembelajaran Fisika Berbasis Experiental terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 218-223.

Gregori, R. J. 2010. Tes Psikologi: Sejarah, Prinsip, dan Aplikasi (6th ed.). Jakarta: Erlangga.

Prastowo, A. 2014. Media pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Yogyakarta: Diva Press.

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sastrawijaya, T. 1998. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud, Dirjendikti, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sudirman. 1992. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Y.Yunhie. 2015. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Psikoanalisis Melalui Metode Avertion Therapy & Home Work. Bandung: Alfabetha.

Zahrah. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Pengalaman (Experimental Learning) Pada Peserta Didik Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Barru. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i1.9406

Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:

Jurusan Fisika, Jalan Daeng Tata Raya, Kampus UNM Parangtambung Makassar Kode Pos: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id