PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 8 MAKASSAR

Azhar Al Munawwarah
Kaharuddin Arafah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode konvensional dan juga metode diskusi kelompok serta analisis perbedaan keduanya. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Makassar pada kelas XI IPA semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode diskusi kelompok dan variabel terikatnya adalah hasil belajar fisika. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan posttest yang dianalisis secara deskriptif dan infrensial berupa uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 8 Makassar yang diajar menggunakan metode diskusi kelompok berada pada kategori baik dengan persentase 59,38% dan yang diajar dengan metode konvensional berada pada kategori baik dengan persentase 46,67%. Hasil pegujian hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar  fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode diskusi kelompok dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional.

 

Kata kunci : Metode diskusi kelompok, hasil belajar fisika

Full Text:

PDF 11-15

References


Adesina, J. (2005). Comparative Study Of Lecture And Discussion Methods Of Teaching Physics To Non-Science Biased Students In Tertiary Institutions. Journal of Research in National Development, Vol. 3 (2): pp. 1-3.

Arikunto. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Latifah, L. (2013). Metode Diskusi Kelompok Berbasis Inquiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Di SM. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, 1.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Sudjana. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Sylvia Benckert, Sune Pettersson. (2008). Learning Physics in Small Group Discussions–Three Examples. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 121-134.


Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF 11-15 - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

Jurusan Fisika, Jalan Daeng Tata Raya, Kampus UNM Parangtambung Makassar Kode Pos: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id