PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS LEARNER AUTONOMY DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH PADA TOPIK GELOMBANG

Abdul Salam M
Sarah Miriam
Misbah Misbah

Abstract


Pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang sangat penting untuk dikuasai mahasiswa calon guru menghadapi era yang semakin kompetitif. Disamping itu, kemandirian belajar siswa juga harus dibina. Oleh karena itu, tim peneliti berupaya mengembangkan perangkat pembelajaran yang diharapkan mampu melatihkan keterampilan pemecahan masalah dalam setting pembelajaran berbasis learner autonomy. Penelitian dilaksanakan pada program studi Pendidikan Fisika FKIP ULM pada tahun 2017. Subject penelitian adalah mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Fisika Dasar II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis learner autonomy mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa khususnya keterampilan pemecahan masalah dengan gain score yang berkategori tinggi.

 

Kata kunci : physics learning, learner autonomy, problem solving, wave

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. (2012). Learning to Teach. 9th edition. New York: McGraw-Hill Companies.

Dick, W. and Carey, L. (2009). The Systematic Design of Instruction. 7th ed. New Jersey: Pearson

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement vs traditional methods: A six-thousand student survey of Mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of physics, 66(1): 64-74.

Salam M., A. & Miriam, S. (2016a). Pembelajaran Berbasis Learner Autonomy untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA ULM. 4

September 2016. ISBN: 978-602-60213-0-4, pp: 53-59. Banjarmasin.

Salam M., A. & Miriam, S. (2016b). Pembelajaran Berbasis Learner Autonomy untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 12(3): 233-239.

Salam M., A., Miriam, S., & Misbah. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Learner Autonomy pada Topik Optika Geometri untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia ULM. 16 September 2017. ISBN: 978-602-60306-1-0, pp: 149-154. Banjarmasin.

Salam M., A., Prabowo, & Supardi. (2015). Pengembangan Perangkat Perkuliahan Inovatif berdasarkan Tingkat Otonomi Pebelajar pada Perkuliahan Fisika Dasar. Jurnal Penbelitian Pendidikan Sains, 4(2): 547-556.

Schunk, D.H. 2012. Learning Theories: an Educational Prespective. Sixth Edition. New York: Pearson Education.

Selcuk, G.S., Caliskan, S., & Erol, M. (2008). The Effects of Problem Solving Instruction on Physics Achievement, Problem Solving Performance and Strategy Use. Lat. Am .J. Phys. Educ., 2 (3): 151-166.

Shirali, S. A. (2014). George Polya & Problem Solving... An Appreciation. Resonance-Journal of Science Education, 19 (4): 310-322.

Shurif, J., Ibrahim, N.H., & Mokhtar, M. (2012). Conceptual and Procedural Knowledge in Problem Solving.

Procedia-Social and Behavioral Science, 56 (2012): 416-425.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer; SuatuTinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Wagner, T. 2010. Overcoming The Global Achievement Gap (online). Cambridge, Mass., Harvard University.

Wolfer, A. J. (2000). Introductory College Chemistry Students’ Understanding of Stoichemistry: Connections Between Conceptual and Computational Understanding and Instruction. Ph.D. Thesis. Oregon State University..

Woolfolk, A. (2008). Educational Psychology, Active Learning Edition. Tenth Edition. Boston: Pearson Education Inc.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21; Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Makalah. Disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan, 10 Desember 2016. Sintang, Kalimantan Barat.


Article Metrics

Abstract view : 13 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

Jurusan Fisika, Jalan Daeng Tata Raya, Kampus UNM Parangtambung Makassar Kode Pos: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id