PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XIIA SMAN 1 LILIRILAU

Selvianti Selvianti(1*), Muh. Sidin Ali(2), Helmi Helmi(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v11i1.1463

Abstract


This research is a true experiment which aimed to determine: 1) physical learning activities and student physics achievement  that students taught using cooperative learning model two stay two stray and is taught using conventional learning models; (2) a significant difference between the activity of studying physics and student physics achievement students taught using cooperative learning model two stay two stray and is taught using conventional learning models; The variables  were the model of learning with cooperative learning model level two stay two stray and conventional learning models as independent variables, activity and student physics achievement as the dependent variable. The research design was a posttest-only control group design. The research population was a class XI IA SMAN I Lilirilau, with a sample XI IA2 experimental class and XI IA1 control class. Descriptive analysis showed that physical activity and student physics achievement who are taught using cooperative learning model two stay two stray higher than physical activity and student physics achievement taught using conventional learning models. Inferential analysis results showed that there were significant differences in activity and student physics achievement are taught using cooperative learning model TSTS and are taught using conventional learning models.

 

 

Penelitian ini adalah eksperimen sesungguhnya yang bertujuan untuk mengetahui : (1) aktivitas dan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray  dan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional ;  (2) perbedaan yang signifikan antara aktivitas dan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray  dan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran dengan level model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan model pembelajaran konvensional sebagai variabel bebas, aktivitas dan hasil belajar sebagai variabel tak bebas. Desain penelitian menggunakan posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IA SMAN I Lilirilau, dengan sampel XI IA2 sebagai kelas eksperimen dan XI IA1 kelas kontrol. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray  lebih tinggi dibanding aktivitas dan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas dan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan  yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, two stay two stray, aktivitas belajar fisika, hasil belajar fisika kognitif.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Zaheer & Nasir Mahmood. 2010. Effects of Cooperative Learning vs. Traditional Instruction on Prospective Teachers’ Learning Experience and Achievemen. Angkara University. Vol: 43. No: 1.

Akhtar, Kiran dkk . 2012. A Study of Student’s Attitudes towards Cooperative Learning. International Journal of Humanities and Social Science. Vol : 2. No : 11.

Arikunto, Suharsini. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2009. Balajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Cheong , Christopher. 2010. From Group-based Learning to Cooperative Learning: A Metacognitive Approach to Project-based Group Supervision The International Journal of an Emerging Transdiscipline. Vol : 13. No: 1.

Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Renika Cipta.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung : Yrama Widya.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensinda.

Hamiddin. 2012. Improving Students’ Comprehension Of Poems Using Two Stay-Two Stray Strategy. Jurnal Vidya Karya. Vol: 27. No: 1.

Huang , Ming-Shang dkk. 2012. Design and Implementation of A Cooperative Learning System for Digital Content Design Curriculum: Investigation on Learning Effectiveness And Social Presence. TOJET. Vol : 11. No : 4.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning Metode, Tekhnik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kupczynski, Lori dkk. 2012. Cooperative Learning in Distance Learning: A Mixed Methods Study. IJI. Vol : 5. No : 2.

M. Morgan, Bobbete. 2012. Teaching Cooperative Learning with Children’s Literature. National Forum of Teacher Education Journal. Vol : 22. No: 3.

Lie, A. 2010. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia.

Mufidah, Lailatul. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo . Vol: 1. No: 1.

Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purnamasari, Yanti Irma. 2012. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) di Kelas XI SMA Tri Darma Palembang.

Ritayanti, Peduk dan Sulistya Pratomo Putro. 2011. Meningkatkan Aktivitas Belajar (active learning) Siswa Berkarakter Cerdas dengan Pendekatan Sains Teknologi (STM) Jurnal Program Studi PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Shih , Yu-hwei and Chiou-lan Chern. 2002. Implementing Cooperative Learning In Efl Teaching: Process and Effects www. Asian-efl-journal. Vol: 1. No: 1.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT pineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan pembelajaran. 2011. Kurikulum & Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zulirfan, dkk. 2009. Hasil Belajar Keterampilan Psikomotor Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TPS dan TSTS pada Siswa Kelas X Ma Dar El Hikmah Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains. Vol:3. No. 1.


Article Metrics

Abstract view : 1974 times | PDF view : 1010 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License