PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN KOLASE BERBASIS SAINTIFIK DI TK AISYIYAH KOTA MAKASSAR

Muhlisah Muhlisah(1*), Herlina Herlina(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v5i2.20289

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan Kecerdasan Visual Spasial anak melalui kegiatan kolase berbasis saintifik  kelompok B1 Taman Kanak-kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini berjumlah 16 anak dan 1 guru. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan visual spasial pada siklus 1 pertemuan I belum berkembang karena kecerdasan visual spasial anak belum meningkat, pada siklus 1 pertemuan II sudah ada perubahan namun masih kurang karena kecerdasan visual spasial belum mencapai standar yang ingin dicapai. Pada siklus II pertemuan I  kecerdasan visual spasial anak sudah mengalami peningkatan, siklus II pertemuan II sudah mengalami peningkatan dengan baik selain itu, guru dan aktifitas anak didik juga mengalami peningkatan dikategoriikan sangat baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu peningkatan kecerdasan visual spasial melalui kegiatan kolase berbasis saintifik kelompok B1 Taman Kanak-kanak Aisiyah Maccini Tengah Kota Makassar dikatakan meningkat.

Keywords


Visual spasial, taman kanak-kanak, anak

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara

Asmani, J. M. 2015. Panduan Praktis Manejemen Mutu Guru Paud. Yogyakarta: DIVA press.

Bugin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana

Devi,F.P.2014. Peningkatan Kreativitas Melalui Kolase. Jurnal Pendidikan Anak, (Online), Vol.4 No 1, http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13449 , ( 21 April 2016).

Fuller, C. 2007. Maksimal Potensi Belajar Anak Anda . colorado Springs: Pion press.

Gardner,H. 1993. Frames Of Mind The Theory Of Multiple Intelegenies. New York: Basic Book

Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Depertemen Pendidikan dan kebubayaan.

Nurhadiat,D.2005. Kerajinan tangan dan kesenian untuk sekolah dasar kelas 6. Jakarta:Grasindo.

Mulyasa, H.E. 2009. Praktik Penilitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rodhliyah, S., & N.Awangga, S. (2007). Tes Kecerdasan Visual Spasial .Yogyakarta: Palmall.

Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sani, R. A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sari,E.K. 2012. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Dari Bahan Bekas. Jurnal Pesona PAUD, (Online), vol.1 No 1, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/download/1615/1389.

Subianto, P. 2004. Mendidik dengan Hati. Jakarta: Gramedia.

Sujiono, Y. N. 2009. Konsep Dasar Pendididkan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Suminah, E. Dkk. 2015. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Triharso, A. 20 13. Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendididkan Nasional, (online), http://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf,

Veronika H, & Mesra. 2012. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan hasil Belajar Teknik Kolase Melalui kerajinan tangan dalam Mata Pelajaran SBK. Jurnal Usia Dini, (online), Vol.3 No.1, http://jurnal.unimed.ac.id/ 2012/ index.php/ gorga/article/download/176/67.

Yaumi, M., & Ibrahim, N. 2013. Pembelajaran berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 535 times | PDF view : 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhlisah Muhlisah, Herlina Herlina

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats