Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Tematik?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK PENULIS ARTIKEL 

 TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan

 

Kebijakan Pengelola 

TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan terbit 2 (dua) kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober, memuat tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuwan, praktisi dan pengkaji disiplin ilmu pendidikan, keguruan, dan pembelajaran bidang pendidikan anak usia dini.

Template Artikel: 

Persyaratan Umum

  1. Artikel merupakan hasil kajian pemikiran dan hasil penelitian tentang pendidikan anak usia dini.
  2. Artikel yang dikirim tidak mengandung unsur plagiarisme, belum dipublikasikan dan tidak dipertimbangkan untuk dipublikasikan pada tempat lain. Penulis diharuskan menulis pernyataan terkait dengan hal tersebut.  
  3. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia dan panjang artikel maksimal 5.500 kata (tidak termasuk daftar pustaka.
  4. Tulisan dimuat dalam kertas A4 (21 x 29,7 cm) dengan jenis huruf Times News Roman, spasi tunggal. Margin kertas harus ditetapkan 2,5 cm (kiri) dan 3 cm (atas, bawah, dan kanan).
  5. Sebelum melakukan pengiriman artikel dalam sistem pengiriman online, penulis diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu selanjutnya mengikuti lima langkah pengiriman artikel.
  6. Sistematika naskah terdiri dari: judul, nama penulis, afiliasi penulis, dan alamat afiliasi penulis, email penulis utama, DOI (disediakan oleh editor), abstrak dan kata kunci, pengantar, metode, temuan penelitian dan diskusi, kesimpulan, dan referensi. Silakan unduh template artikel.
  7. Judul manuskrip harus ditulis dengan huruf besar, tengah, ukuran huruf 14 poin, dan tebal. Judul yang ditulis dalam Bahasa Indonesia tidak boleh lebih dari 15 kata dan judul yang ditulis dalam bahasa Inggris tidak boleh lebih dari 10 kata.
  8. Nama penulis tidak menggunakan gelar akademik dan ditulis di bawah judul naskah. Jika naskah ditulis oleh tim, semua nama harus disebutkan. Penulis yang namanya disebutkan hanyalah mereka yang memiliki kontribusi signifikan. Nama penulis harus disortir berdasarkan kontribusi mereka dalam menulis naskah. Editor hanya akan berkomunikasi dengan penulis utama yang namanya disebutkan terlebih dahulu.
  9. Abstrak dan kata kunci harus ditulis dalam 100-160 kata dalam bentuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan satu spasi. Abstrak harus memuat judul, tujuan, metode, temuan, diskusi, dan kesimpulan penelitian. Seharusnya ada 3-5 kata kunci yang menggambarkan substansi naskah. Kata kunci tidak boleh menjadi bagian dari judul naskah.
  10. Pendahuluan berisi latar belakang penelitian, konteks penelitian, tinjauan literatur utama yang mendasari penelitian, dan tujuan penelitian. Penulis sangat disarankan untuk merujuk ke artikel terbaru yang diterbitkan oleh jurnal terkemuka. Pendahuluan harus disajikan dalam paragraf. 
  11. Metode penelitian berisi penjelasan tentang metode yang digunakan oleh para peneliti untuk menghasilkan temuan. Bagian ini harus menyajikan prosedur penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para peneliti. Metode juga berisi pendekatan dan metode penelitian, sumber data / populasi dan sampel, teknik pengambilan sampel, metode instrumentasi dan pengumpulan data, dan teknik analisis data. 
  12. Temuan penelitian dan diskusi berisi interpretasi berdasarkan tujuan penelitian. Jelaskan temuan penelitian sesuai dengan tujuan atau masalah penelitian. Temuan penelitian harus didiskusikan, ditafsirkan, dan dibandingkan dengan teori terkait sebelumnya dan temuan penelitian. Diskusi harus menunjukkan kebaruan dan signifikansi temuan. Diskusi merupakan bagian terpenting dari artikel sehingga penulis perlu memberikan penjelasan yang jelas dan lengkap. 
  13. Kesimpulan berisi temuan-temuan penelitian dan ringkasan diskusi. Kesimpulan disajikan dalam paragraf. Tuliskan temuan penting secara singkat. Berikan rekomendasi untuk peneliti masa depan yang terkait dengan tindak lanjut penelitian. 
  14. Naskah ditinjau secara anonim oleh pengulas yang telah ditugaskan sesuai dengan keahlian mereka. Penulis diberi kesempatan untuk merevisi naskah berdasarkan rekomendasi pengulas atau editor. Penulis akan menerima tanda terima informasi tertulis  terkait dengan penerimaan atau penolakan naskah.
  15. Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berkaitan dengan izin mengutip atau menggunakan perangkat lunak komputer selama penulisan naskah serta properti intelektual yang digunakan dan konsekuensi hukumnya.
  16. Penulis diwajibkan untuk memeriksa dan mengedit kesalahan dalam penggunaan bahasa termasuk kosa kata, struktur kalimat, huruf besar, dan tanda baca sebelum pengiriman. Penulis dapat merujuk pada artikel yang diterbitkan sebelumnya untuk menyesuaikan artikel mereka dengan gaya penulisan jurnal.
  17. Referensi harus mencakup publikasi terbaru (80% dari mereka tidak boleh bertanggal lebih dari 10 tahun). Sumber utama seperti artikel jurnal dan laporan penelitian termasuk tesis sarjana, tesis master, dan disertasi sangat disambut. Naskah yang diterbitkan dalam jurnal nasional dan internasional terakreditasi harus lebih diprioritaskan.
  18. Kutipan, referensi, tabel, gambar, ilustrasi, statistik, dan penulisan daftar pustaka harus merujuk pada Publikasi Manual dari American Psychological Association (edisi ke-6) dan Panduan Gaya APA untuk Referensi Elektronik. Naskah yang ditulis dalam Bahasa Indonesia harus dirujuk ke Pedoman Umum Bahasa Ejaan Indonesia dan Persyaratan yang telah dibakukan.
  19. Gunakan teknik rujukan yang dikurung (nama belakang, tahun) untuk menulis referensi. Kutipan dalam teks harus menyertakan nomor halaman dan sumber.

           Contoh:

           Satu penulis: Menurut Fairclough (2010: 99) atau .... (Fairclough, 2010: 99).

           Dua penulis: Menurut Kalantzis & Cope (2012: 129) atau .... (Kalantzis & Cope, 2012: 129)

           Tiga penulis: Menurut Miles, Huberman, & Saldana (2017: 10) atau .... (Miles, Huberman, & Saldana, 2017: 10).

           Lebih dari tiga penulis: Menurut Syamsuardi, et al. (2018) atau .... (Syamsuardi, et al., 2018)

     20. Referensi harus disusun menurut abjad dan kronologis dan ditulis sebagai berikut.

           Buku:

           Hopkins, D. 2011. A Teacher Guide to Classroom Research. New York: McGraw Open University Press.

           Buku yang Diterjemahkan:

           Anderson, L.W. & Krattwohl, D. R. 2001. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi
           Taksonomi Pendidikan Bloom. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

           Naskah dalam buku kompilasi:

           Dhieni, N. 2011. Dasar-Dasar Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Dalam Azizah dan Syamsuardi (Eds.), Praktik 
           Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (hlm.25 - 30). Makassar: Badan Penerbit UNM.

           Naskah dalam jurnal:

           Syamsuardi. 2010. Praktik Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Raudhatul Athfal, 6 (2): 13-21.

           Naskah dalam jurnal elektronik dengan DOI:

           Hajerah, Syamsuardi, Azizah. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Taman
           Kanak-Kanak. New Educational Review, 48 (2): 76–86, doi: 10.15804/tner.2017.48.2.06

           Naskah di koran:

           Agustien, H. I. R. 1 Maret 2013. Bahasa Anak Usia Dini, Kompas, hlm. 6.

           Skripsi, Skripsi, Disertasi, Laporan Penelitian:

           Wahyuni Sri. 2015. Pengaruh Bermain Kolase Terdahap Perkembangan Motorik Halus Anak di TK Teratai Universitas
           Negeri Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

           Makalah disajikan dalam Seminar, Diskusi, Lokakarya, dan Pelatihan:

           Musi Muhmmad A. 2018. Perkembangan Kognitif Anak pada Masyarakat Bajo. Makalah disajikan dalam Kongres
           Internasional Pendidikan Anak Usia Dini di Sulawesi Selatan, Hotel Sahid Makassar, 5-6 Maret 2018.

           Internet (manuskrip dalam jurnal online):

           Widodo, A. 2006. “Profil Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Sains”. On line. Jilid 4 Nomor 2,
           http://upi.edu, diakses: 20 Maret 2012.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Saya menyatakan bahwa artikel yang akan saya daftarkan pada TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini (1) artikel tersebut adalah hasil karya saya, (2) sudah diperiksa menggunakan program plagiarism dan tidak mengandung unsur plagiasi; (3) belum pernah ditebitkan dan tidak sedang sedang dikirim ke jurnal lain.
  2. Saya telah menulis manuskrip sesuai dengan gaya selingkung TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini dengan format yang ditentukan.
  3. Saya menyatakan tidak akan menarik artikel saya selama dalam proses review atau sebelum mendapat keputusan ditolak oleh editor.
  4. Saya menyatakan bahwa artikel saya tidak mengandung muatan yang bertentangan dengan hukum. Penggunaan data, software, dan bahan lainnya yang berlisensi telah memperoleh izin dari pihak yang berwenang.
  5. Saya menyatakan bahwa seluruh informasi yang telah saya isikan benar. Bilamana informasi tersebut tidak benar, saya bersedia menerima risiko dan mempertanggungjawabkan sesuai dengan hukum yang berlaku.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.