PENGARUH METODE EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA TK KEMALA BHAYANGKARI KABUPATEN ENREKANG

Febrianti Sriramadhani(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v5i2.20283

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung permulaan anak usia dini pada kelompok B TK Kemala Bhayangkari Kabupaten Enrekang. Serta tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode edutainment terhadap kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre˗eksperimen design, pendekatan yang dipilih yaitu pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini terdapat 14 anak, dimana terdapat  anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diigunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berhitung permulaan sebelum dan sesudah menggunakan metode edutainment terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B TK Kemala Bhayangkari Kabupaten Enrekang.

Keywords


Metode edutaiment dan kemampuan berhitung

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Berhitung Permulaan Di Taman Kanak - Kanak. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Taman Kanak - Kanak Dan Sekolah Dasar

Depdiknas. 2000. Permainan Berhitung Di Taman Kanak - Kanak. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan Dasar Bagian Proyek Peningkatan Mutu Di Taman Kanak - Kanak.

Fadlillah, M. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Hamid, S. 2011. Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva Press

Hamruni. 2009. Edutainment Dalam Pendidikan Islam Dan Teori - Teori Pembelajaran Quantum. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Hariyanto, & Suyono. 2011. Belajar Dan Pembelajarana; Teori Dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Partanto, P. A., & Berry, A. D. M. 1994. Kamus Ilmiah. Surabaya: Arloka.

Patintingan, M. L. 2013. Penerapan Metode Jarimatika Di TK Asoka Makassar.Tesis. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Rusman. 2010. Model - Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sriningsih, N. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.

Subiyanto, P. 2004. Mendidik Dengan Hati. Jakara: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfa-Beta.

Suparno, P. 2000. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutrisno. 2005. Revolusi Pendidikan Di Indonesia; Membedah Metode Dan Teknik Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Suyadi. 2010. Psoikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madan.

Suyanto, S. 2005. Dasar - Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Wangi, R. M. 2007. Character Parenting Space. Bandung: Read Publishing House.


Article Metrics

Abstract view : 244 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Febrianti Sriramadhani

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats