PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN STUDI KHUSUS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Nuzul Rizky(1*), Muhammad Thamrin Mappalahere(2), Yabu M. Mallabasa(3),

(1) Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makas
(3) Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makas
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v5i2.7139

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian survei terhadap persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan studi khusus pada Program Pendidikan Seni rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, dilakukan dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara. Masalah dalam penelitian ini adalah (1)  pelaksanaan studi khusus terhadap Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar dan (2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan studi khusus terhadap Mahasiswa Program Studi Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Populasi penelitian ini, adalah mahasiswa angkatan 2013 yang telah melaksanakan studi khusus pada Program Studi Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar dengan jumlah 63 orang yang terdiri atas 3 kelas. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik secara acak (random sampling), yaitu jumlah sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 30 mahasiswa. Hasil penelitian diketahui bahwa 1) Pelaksanaan pembimbingan studi khusus terhadap mahasiswa Program Studi Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar sudah cukup baik, 2) Faktor pendukung pelaksanaan pembimbingan studi khusus, yaitu keterlibatan dosen pembimbing yang cukup baik yang selalu memberikan masukan, saran dan bebas memilih tema maupun media sesuai dengan kemampuan mahasiswa, 3) Faktor penghambat dalam pelaksanaan studi khusus, memerlukan biaya yang tidak sedikit, tidak adanya ruang  studio yang khusus untuk matakuliah studi khusus shingga membuat proses konsultasi menjadi sulit dan dosen pembimbing yang kadang susah untuk ditemui.


Full Text:

PDF

References


Adityasetyawan, 2009, (Online), ( https://files.wordpress.com/2009/10/penelitian-deskriptif1.pdf, Diaskes 10 Mei 2018)

Kusmiyati, 1999. Apa itu Ilustrasi,(Online), (https://dansite.wordpress.com/2009 /03 /2/pengertian-efektifitas/ , Diakses 13 Desember 2017)

KBBI, 2012. (https://kbbi.web.id/laksana) Diakses 13 Desember 2017

Nurdin Usman. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada, hal.70

Yusufhadi Miarso, 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan (Jakarta : Pranada Media, 2004), hlm.536

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Departemen Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta, 1998

Sugiyono, 2015. Metode Penelitia Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sugiyono, 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Pusat Bahasa Depdiknas.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian. (Online), ( https://widisudharta.weebly.com/ metode-penelitian-skripsi.html, Diaskes 10 mei 2018)

Yabu M, Abd. Aziz Ahmad, dan Irfan Arifin, 2016. Penduan Studi Khusus dan Pameran Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi pendidikan Seni Rupa, Artikel Hasil Penelitian PNBP Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar: (tidak diterbitkan).


Article Metrics

Abstract view : 261 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2018 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh