Peranan Identitas Visual Berupa Logo Sebagai Brand Identity Pada Umkm Andyni Collection
(1) Universitas Hayam Wuruk
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v10i3.45780
Abstract
Abstrak: Andyni Collection merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kota Surabaya dan bergerak dibidang fashion terutama fashion tas wanita kombinasi kain batik. Sayangnya masyarakat belum mengenal UMKM Andyni Collection, karena kurangnya promosi dan belum memiliki identitas visual yang mudah dikenali masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan pengambilan sampling menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi literatur. Penelitian ini menyimpulkan, bahwa brand identity dan promosi yang tepat sasaran sangat diperlukan agar masyarakat mudah mengenali produk tersebut.
Kata kunci: Perancangan, Identitas Perusahaan, UMKM Andyni Collection
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D.A. 1995.Building Strong Brands. New York: The Free Press
Davison, J. (2009). Icon, iconography, iconology: Visual branding, banking and the case of the bowler-hat. Accounting, Auditing and Accountability Journal, 22(6), 883–906. https://doi.org/10.1108/09513570910980454
Gobe, Marc. 2007.Brandjam Humanizing Brands Through Emotional Design. New York: Allworth Press
Keller, Kevin Lane. 2013, Strategy Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity Global Edition.Edinburgh Gate: Pearson Education Limited
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Perhalindo
Kusrianto, Adi. 2008. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV Andi Offset
Nurabdiansyah, S. (2019). Penciptaan Logotype “Unm” Sebagai Identitas Visual Dalam Rangka Penyusunan Graphic Standard Manual Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Malang ISoLEC Proceedings, 225–234. http://isolec.um.ac.id/wpcontent/uploads/2020/02/45-Nurabdiansyahdkk-225-234.pdf
Rustan, Surianto. 2017. Mendesain Logo Edisi 2017. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sayatman “Pengembangan Metode Desain Logo dan Sistem Grafis untuk Mendukung Pembelajaran Desain Komunikasi Visual” IDEA jurnal desain Vol. 16, No.2, Oktober 2017
Timur, D. K. d. U. P. J., 2018. Jumlah UMKM di Jawa Timur. [Online]
Available at: diskopukm.jatimprov.go.id/download.php?id=82
Article Metrics
Abstract view : 292 times | PDF view : 0 timesRefbacks
';Copyright (c) 2023 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan
e-mail: [email protected]
Jurnal TANRA dilisensikan dengan Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .
Jurnal TANRA diindeks oleh