Peranan Identitas Visual Berupa Logo Sebagai Brand Identity Pada Umkm Andyni Collection

Abdullah Khoir Riqqoh(1*),

(1) Universitas Hayam Wuruk
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v10i3.45780

Abstract


Abstrak: Andyni Collection merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kota Surabaya dan bergerak dibidang fashion terutama fashion tas wanita kombinasi kain batik. Sayangnya masyarakat belum mengenal UMKM Andyni Collection, karena kurangnya promosi dan belum memiliki identitas visual yang mudah dikenali masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan pengambilan sampling menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi literatur. Penelitian ini menyimpulkan, bahwa brand identity dan promosi yang tepat sasaran sangat diperlukan agar masyarakat mudah mengenali produk tersebut.

 

Kata kunci: Perancangan, Identitas Perusahaan­, UMKM Andyni Collection


Keywords


Designing, Corporate Identity, MSMEs, Visual Communication Design, logo

Full Text:

PDF

References


Aaker, D.A. 1995.Building Strong Brands. New York: The Free Press

Davison, J. (2009). Icon, iconography, iconology: Visual branding, banking and the case of the bowler-hat. Accounting, Auditing and Accountability Journal, 22(6), 883–906. https://doi.org/10.1108/09513570910980454

Gobe, Marc. 2007.Brandjam Humanizing Brands Through Emotional Design. New York: Allworth Press

Keller, Kevin Lane. 2013, Strategy Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity Global Edition.Edinburgh Gate: Pearson Education Limited

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Perhalindo

Kusrianto, Adi. 2008. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV Andi Offset

Nurabdiansyah, S. (2019). Penciptaan Logotype “Unm” Sebagai Identitas Visual Dalam Rangka Penyusunan Graphic Standard Manual Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Malang ISoLEC Proceedings, 225–234. http://isolec.um.ac.id/wpcontent/uploads/2020/02/45-Nurabdiansyahdkk-225-234.pdf

Rustan, Surianto. 2017. Mendesain Logo Edisi 2017. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sayatman “Pengembangan Metode Desain Logo dan Sistem Grafis untuk Mendukung Pembelajaran Desain Komunikasi Visual” IDEA jurnal desain Vol. 16, No.2, Oktober 2017

Timur, D. K. d. U. P. J., 2018. Jumlah UMKM di Jawa Timur. [Online]

Available at: diskopukm.jatimprov.go.id/download.php?id=82


Article Metrics

Abstract view : 257 times | PDF view : 0 times

Refbacks

';



Copyright (c) 2023 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh