DESAIN LANDMARK SIGNAGE KOTA SEMARANG BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI PENGUATAN CITY BRANDING

Erisa Adyati Rahmasari(1), agus setiawan(2*), Dzuha Hening Yanuarsari(3),

(1) 
(2) Universitas Dian Nuswantoro
(3) Universitas Dian Nuswantoro
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v10i2.45616

Abstract


Landmark Signage Kota Semarang menjadi ciri khas perwajahan kota Semarang. Melihat desain landmark signage yang terdapat di Kota Semarang terlihat citra yang kuat sudah tertanam pada landmark tersebut. Akantetapi jika melihat dan menelisik lebih jauh landmark tersebut didesain menggunakan jenis huruf serif yang formal dan belum memiliki ciri khas keunikan selain bentuk ukurannya yang besar dan berada di kawasan Simpang Lima Kota Semarang. Bentuk font landmark yang tersusun dan memiliki keunikan tersendiri dirasa perlu dikembangkan lebih jauh lagi untuk membentuk ciri khas kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini yakni merancang dan mengembangkan kembali desain landmark signage yang ada pada Kota Semarang sehingga mampu menampilkan pesan visual yang berkarakter dan berciri khas berbasis kearifan lokal Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif menggunakan pendekatan teori transformasi budaya ATUMICS (Artefact, Technique, Utility, Material, Icon, Concept dan Shape) dalam pengembangan perancangan desain Landmark Signage Kota Semarang.

Keywords


city branding, kearifan lokal, landmark signage

Full Text:

PDF

References


Amar (2009) ‘Identitas Kota, Fenomena Dan Permasalahannya’, Ruang: Jurnal Arsitektur, 1(1), pp. 55–59.

Christiawan, F., Yoyok, B. and Sutanto, R.P. (2014) ‘Perancangan Destination Branding Kawasan Wisata Kuliner Lentog Tanjung Kabupaten Kudus’, Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), p. 12. Available at: http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/1940 (Accessed: 8 July 2019).

Diem, A.F. (2012) ‘Kearifan Lokal dalam Arsitektur Tradisional Palembang’, E-jurnal Universitas Muhammadiyah Palembang, 2(4), pp. 299–305.

Dreambox (2020) Pengertian dan Manfaat City Branding untuk Membangun Identitas Kota, Www.Dreambox.Id.

Jatengdaily.com (2019) Pemkot Semarang Ingin Kearifan Lokal Jadi Daya Tarik.pdf.

Kawulusan, M. and Warouw, F. (2017) ‘Perancangan Public Landmark Pada Ruang Terbuka Publik’, Media Matrasain, 14(3), pp. 39–51. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmm/article/view/18471 (Accessed: 18 August 2022).

Kompasiana.com (2019) Landmark Kunci Strategis Pemasaran Destinasi Wisata.

Luthfi, A. and Widyaningrat, A.I. (2018) ‘Konsep city branding sebuah pendekatan “the city brand hexagon” pada pembentukan identitas kota’, Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis, 3(2013), pp. 315–323.

Njatrijani, R. (2018) ‘Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang’, Gema Keadilan Edisi Jurnal (ISSN: 0852-011), Volume 5,(September), pp. 17–18.

Purwianti, L. and Dwi Lukito, Y.R. (2014) ‘Analisis Pengaruh City Branding Kota Batam Terhadap Brand Attitude’, Jurnal Manajemen, 14(1), pp. 61–80.

Sekaran, U. and Bougie, R. (2016) Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.

Wibowo, H.A., Wasino, W. and Setyowati, D.L. (2012) ‘Kearifan Lokal Dalam Menjaga Lingkungan Hidup (Studi Kasus Masyarakat Di Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus)Journal of educational social studies.’, Journal of Educational Social Studies, 1(1). Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/79 (Accessed: 8 July 2019).

Wicaksono, S.A. and Muh Bahruddin, T.H.D. (2015) ‘Perancangan Branding Trowulan Melalui Situs Purbakala Sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Lokal’, Jurnal ArtNouveau, 4(2), pp. 351–360. Available at: http://jurnal.stikom.edu/index.php/ArtNouveau/article/view/960/421 (Accessed: 15 August 2017).

Yuniningsih, T. and Suwitri, S. (2017) ‘Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan City Branding Kota Semarang Jawa Tengah Indonesia’, Prosiding Semnasfi, 1(1), pp. 165–174.


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2023 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh