PEMBELAJARAN SENI RUPA LOKAL DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Tangsi Tangsi(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v9i2.33303

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran seni rupa lokal ,materi  yang diajarkan, metode pembelajaran, teknik evaluasi yang digunakan, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru yang mengajarkan   rupa lokal dalam mata pelajaran Seni Budaya di Sekolah Menengah Pertama. Subjek penelitian adalah guru Seni Budaya yang mengajar di SMP yang ditetapkan dengan teknik purpossive sampling. Sedang objek penelitiannya adalah pembelajaran seni rupa lokal di SMP. Teknik pengumpulan data dilakukuan melalui wawancara, angket, dan dokumen. Data yang terkumpul dianalisis dengan model analisis interaktif yang terdiri atas empat langkah, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) materi seni rupa lokal yang diajarkan di SMP belum sepenuhnya menggambarkan seni rupa lokal di Sulawesi Selatan, (2) metode pembelajaran seni rupa lokal yang diterapkan di SMP adalah ceramah, diskusi, dan pemberian tugas, (3) teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran seni rupa lokal di SMP adalah unjuk kerja, meskipun teknik itu tidak tepat untuk penilaian apresiasi seni rupa lokal, (4) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran seni rupa lokal di SMP adalah terbatasnya kemampuan sebagian guru Seni Budaya dalam mengajarkan seni rupa lokal, terbatasnya materi yang siap pakai dan sarana penunjang pembelajaran serta minat siswa yang rendah terhadap materi seni rupa lokal juga menjadi kendala.


Keywords


Seni rupa lokal; Seni Budaya; Sekolah Menengah Pertama

Full Text:

PDF

References


Bastomi, S. 1990. Wawasan Seni. Semarang: IKIP Semarang Press.

Chalpin, J.P. 1972. Dictionary of Psychology. Fifth Printing. New York: Dell Publishing Co Inc.

Gletman, H. 1989. Psychology 2nd Edition. New York: W.W. Norton & Company.

Gunawan, R. 2014. Inovasi Pembelajaran Seni Budaya/Seni Rupa Di SMP Negeri 2 Cimalaka Sumedang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament ( TGT). Online: http://smp2cimalaka.blogspot.com/2013/03/tentang-pembelajaran-seni-. Diakese 15 Nov 2014.

Kamaril, C. Dkk. 1999. Pendidikan Seni Rupa/Kerajinan Tangan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Karmadi, A.D. 2007. “Budaya Lokal sebagai Warisan Budaya dan Upaya Pelestariannya.” Makalah disampaikan pada Dialog Budaya Daerah Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah, di Semarang 8 - 9 Mei 2007.

Miles & Huberman, Rohidi,T.R.(Penerjemah). 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Reber, A. S. 1988. The Pinguin Dictionary of Psychology. Ringwood Victoria: Penguin Books Australia Ltd.

Reber, A. S. 1988. The Pinguin Dictionary of Psychology. Ringwood Victoria: Penguin Books Australia Ltd.

Regina, SK. (2009) The Instructional Framework, SaskatchewanEducation.

http://www.sasked.gov.sk.ca/docs/policy/approach/instrapp03.html#strategies.

Retnowati & Prihadi. 2010. Modul PPG Pendidikan Seni Rupa. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Seni Rupa UNY.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sahman, H. 1993. Mengenali Dunia Seni Rupa, Tentang Seni, Karya Seni, Aktivitas Kreatif, Apresiasi, Kritik dan Estetika. Semarang: IKIP Semarang Press.

Said, A.A. 2008. Dasar-Dasar Desain Dwimatra. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Setyobudi, dkk. 2007. Seni Budaya Untuk SMP. Jakarta: Erlangga.

Sobandi, B. 2008. Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa.Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Soedarso, SP. 1990. Tinjauan Seni Sebuah Pengantar untuk Apresiasi Seni. Yogyakarta: Saku Dayar Sana Yogyakarta.

Syah, M. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada.

Wahab, A.A. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar.Bandung: Alfabeta.

Wardani, C.K. 2006. “Pendidikan Seni Berbasis Budaya dalam Meningkatkan Multi Kecerdasan.” Kagunan: Jurnal Pendidikan Seni. Tahun I (1) 15-24.


Article Metrics

Abstract view : 313 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2022 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh