MENGGAMBAR ILUSTRASI TUMBUHAN MENGGUNAKAN BOLPOIN MAHASISWA SEMESTER I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v6i1.14095
Abstract
Penelitian ini memiliki permasalahn utama yaitu bagaimana kemampuan mahasiswa Seni Rupa dalam menggambar objek tumbuhan menggunakan bolpoin. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, yakni penelitian yang menghasilkan data yang deskriptifnya berupa ulasan tulisan dan menggunakan persentasi. Objek yang menjadi fokus penelitian ini ialah mahasiswa Semester I Kelas A Angkatan 2017 Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Kesimpulan penelitian yaitu, (1) Pada tugas I (akar tunggang) mahasiswa yang mendapat nilai sangat baik berjumlah 21 orang dengan persentase 55,26%, nilai cukup baik 14 orang dengan persentase 36,84% dan 3 orang mendapat nilai kosong dengan persentase 7,89% saja. Nilai rata-rata dari tugas I yakni 86,7. Kemudian pada tugas II (akar serabut), mahasiswa kelas A angkatan 2017 Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar yang mendapat nilai sangat baik berjumlah 29 orang dengan persentase 76,32%, nilai cukup baik 6 orang dengan persentase 15,79% dan 3 orang mendapat nilai kosong dengan persentase 7,89%. Nilai rata-rata dari tugas II yakni 90,1. Berikutnya, nilai rata-rata kedua tugas ini adalah 88,4. (2) Faktor pendukung mahasiswa dalam menggambar tumbuhan menggunakan bolpoin yaitu, karena rasa antusias yang tinggi oleh mahasiswa semester I serta keinginan yang kuat untuk belajar Ilustrasi menjadi faktor utama semangat Saya untuk menyelesaikan penelitian ilmiah ini. Faktor yang lain ialah ketersediaan fasilitas ruangan yang terbilang lumayan memadai. Selanjutnya, alat dan bahan yang digunakan dalam proses menggambar mudah didapat dan terjangkau. (3) Sejumlah faktor penghambat mahasiswa dalam menggambar Ilustrasi menggunakan bolpoin yaitu, mahasiswa belum menguasai teknik-teknik menggambar Ilustrasi menggunakan bolpoin. Selain itu, banyaknya tugas mata kuliah lain yang harus diselesaikan sehingga mempengaruhi konsentrasi, waktu mengerjakan terbatas sehingga tentu saja mempengaruhi kualitas dari tugas-tugas mahasiswa khususnya menggambar Ilustrasi menggunakan bolpoin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmawan, Budiman, 1984. Pendidikan Seni Rupa SMA Kelas II. Bandung: ITB Bandung.
Haryono, 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Baru. Jakarta.
Nusantara, Yayat. 2007. Seni Budaya SMA Kelas XI. Jakarta:
Erlangga.
Salam, Sofyan. 2017. Seni Ilustrasi Esensi - Sang Ilustrator – Lintasan - Penilaian. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Salam, Sofyan. 2001. Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar Buku Ajar untuk Mahasiswa PGSD. Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
Alfabeta
Article Metrics
Abstract view : 140 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan
e-mail: [email protected]
Jurnal TANRA dilisensikan dengan Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .
Jurnal TANRA diindeks oleh