Pengaruh Model Pembelajaran Creative problem solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IX SMP Maha Putra Tello Kota Makassar

St. Muriati(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.62078

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX SMP Maha Putra Tello Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian ini yaitu Pretest-Posttest Only Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-kontrol dan IX-eksperimen yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas, uji statistik deskriptif, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif, dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen adalah 72,6 dan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol adalah 57,1. Dengan demikian penerapan model pembelajaran creative problem solving pada pembelajaran memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMPP Maha Putra Tello Kota Makassar.

Keywords


Model pembelajaran, creative problem solving, berpikir kreatif

Full Text:

PDF

References


Ajeng Maftukhah, Nur., dkk. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Model Connecting Organizing Reflecting Extending Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. 267 JPE 6 (3) (2017) Journal of Primary Education. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe.

Amsal, Andi Evi Sulfiyani Nurfathanah. 2017. Implementasi Pembelajaran Fisika Dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sungguminasa. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Baan, A. D., Rahmaniah, R., & Muriati, S. (2022). Profil Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Inpres Paropo Kota Makassar. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 1-10.

Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning. Journal of Elementary Education, 2 (6), 235–239.

Imaniah, A. N. A., & Hamid, S. (2021). EFEKTIVITAS VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA KELAS IV SD INPRES LANRAKI I KOTA MAKASSAR. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 3(2), 11-20.

Khafifah, N., & Hamid, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Heuristik Vee Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas IX di UPT SPF SMP Negeri 35 Kota Makassar. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 64-73.

Muriati, St., dkk. 2017. Hasil Belajar, I. P. A. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi Bunyi Melalui Implementasi Model Pembelajaran Paikem Pada Siswa Kelas Iv Sdn 224 Inpres Lekoboddong Kabupaten Maros. Prosiding Seminar Pendidikan Dasar.

Maulana. 2017. Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.Khafifah, N., & Hamid, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Heuristik Vee Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas Ix Di Upt Spf Smp Negeri 35 Kota Makassar. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 64-73.

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4 (1), 27–41.

Muchlisin Riadi. (2021). Model Pembelajaran Creative problem solving (CPS).

Palangi, P. I., dkk. (2023). Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VII di SMP Bosowa School Makassar. Jurnal Sainsmat, Maret 2023, Halaman 83 - 90 Vol. XII, No. 1. https://doi.org/10.35580/sainsmat121438382023

Rismawati, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Jakarta, 3(2), 8–15.

Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas IX SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16–22.

Suharna, H. 2018. Teori Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Qomariyah, D., & Subekti, H. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(2), 242-246. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38250

Wahyu Hidayat, Puput., Bondan Widjajanti, Djamilah. 2018. Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 13 (1), 2018,63-75. Doi: 10.21831/pg.v13i1.21167

Yuliati Yuyu, Intan Lestari. (2019). Penerapan Model Creative problem solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1).


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 St. Muriati