Pengaruh Model Pembelajaran Creative problem solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IX SMP Maha Putra Tello Kota Makassar
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v3i1.62078
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajeng Maftukhah, Nur., dkk. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Model Connecting Organizing Reflecting Extending Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. 267 JPE 6 (3) (2017) Journal of Primary Education. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe.
Amsal, Andi Evi Sulfiyani Nurfathanah. 2017. Implementasi Pembelajaran Fisika Dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sungguminasa. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Baan, A. D., Rahmaniah, R., & Muriati, S. (2022). Profil Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Inpres Paropo Kota Makassar. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 1-10.
Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning. Journal of Elementary Education, 2 (6), 235–239.
Imaniah, A. N. A., & Hamid, S. (2021). EFEKTIVITAS VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA KELAS IV SD INPRES LANRAKI I KOTA MAKASSAR. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 3(2), 11-20.
Khafifah, N., & Hamid, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Heuristik Vee Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas IX di UPT SPF SMP Negeri 35 Kota Makassar. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 64-73.
Muriati, St., dkk. 2017. Hasil Belajar, I. P. A. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi Bunyi Melalui Implementasi Model Pembelajaran Paikem Pada Siswa Kelas Iv Sdn 224 Inpres Lekoboddong Kabupaten Maros. Prosiding Seminar Pendidikan Dasar.
Maulana. 2017. Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.Khafifah, N., & Hamid, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Heuristik Vee Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas Ix Di Upt Spf Smp Negeri 35 Kota Makassar. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 64-73.
Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4 (1), 27–41.
Muchlisin Riadi. (2021). Model Pembelajaran Creative problem solving (CPS).
Palangi, P. I., dkk. (2023). Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VII di SMP Bosowa School Makassar. Jurnal Sainsmat, Maret 2023, Halaman 83 - 90 Vol. XII, No. 1. https://doi.org/10.35580/sainsmat121438382023
Rismawati, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Jakarta, 3(2), 8–15.
Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas IX SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16–22.
Suharna, H. 2018. Teori Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Qomariyah, D., & Subekti, H. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(2), 242-246. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38250
Wahyu Hidayat, Puput., Bondan Widjajanti, Djamilah. 2018. Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 13 (1), 2018,63-75. Doi: 10.21831/pg.v13i1.21167
Yuliati Yuyu, Intan Lestari. (2019). Penerapan Model Creative problem solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1).
Article Metrics
Abstract view : 178 times | PDF view : 16 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 St. Muriati