Pengembangan E-Modul Kimia Larutan Terintegrasi Etno-STEAM Bahan Kajian Batik Pekalongan

Qorry Adilla Fikrina(1*),

(1) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v2i0.40636

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesifikasi, kevalidan, kelayakan, keefektifan, dan respon dari pengguna e-modul flipbook larutan elektrolit dan non elektrolit terintegrasi etno-STEAM batik untuk mengembangkan karakter kewirausahaan siswa. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model penelitian 4D, yang terdiri atas tahap define, design, develop, and disseminate. Instrumen dalam penelitian ini yaitu meliputi lembar wawancara, instrument tes evaluasi, lembar validasi ahli, lembar angket kepraktisan, lembar angket respon siswa, lembar observasi karakter kewirausahaan siswa, dan lembar aktivitas siswa. Uji coba dilakukan melalui uji kelayakan 1 untuk mengetahui keterbacaan dan kepraktisan e-modul dan uji kelayakan 2 untuk mengetahui keefektifan e-modul. Hasil penelitian diperoleh spesifikasi e-modul yang memuat pembelajaran kimia berbasis budaya, terintegrasi etno-STEAM, dan indicator kewirausahaan. E-modul flipbook larutan elektrolit dan non elektrolit terintegrasi etno-STEAM batik memiliki skor total kevalidan materi dan media sebesar 70,67 dan 77,67 sehingga memiliki kategori yang sangat valid dan layak untuk digunakan. Respon dari siswa diperoleh dengan kategori sangat tinggi. Hasil evaluasi diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hasil lembar aktivitas siswa dan lembar observasi karakter kewirausahaan berada pada kategori sangat tinggi. Sehingga e-modul efektif untuk mengembangkan karakter kewirausahaan siswa.


Full Text:

PDF

References


Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 155. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202

Dogan, E. (2015). The Effect Of Entrepreneurship Education On Entrepreneurial Intentions Of University Students In Turkey. Journal of Entrepreneurship, 23(1), 1–18. https://doi.org/10.1177/0971355713513346

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 257–265.

Khoerunnisa, R. F., Murbangun, N., & Sudarmin. (2016). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Etnosains Untuk Menumbuhkan Minat Kewirausahaan. Journal of Innovative Science Education, 5(1), 45–53.

Maisarmah, S. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Phenomenon Based Learning Untuk Mengarahkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 7(1), 42–54. http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i1.7816

Pusparini, S. tri, Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2017). Pengembangan Soft Skills Peserta Didik melalui Integrasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) dalam Pembelajaran Asam Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(1), 38–51. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JRPK.082.05

Rahayu, W. E., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2), 919–926. https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7943

Ruliyanti, T., Sudarmin, & Wijayati, N. (2020). Development of STEM-Based Module With Integrated Chemo-Entrepreneurship to Enhance Students ’ Conservation Characters and Entrepreneurship. International Journal of Active Learning, 5(2), 46–52. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal

Safitri, A. N., Subiki, S., & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 22. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7221

Saptono, A., Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Karyaningsih, R. P. D., & Yanto, H. (2020). Does entrepreneurial education matter for Indonesian students’ entrepreneurial preparation: The mediating role of entrepreneurial mindset and knowledge. Cogent Education. https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1836728

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672

Sudarmin, S., Sumarni, W., Rr Sri Endang, P., & Sri Susilogati, S. (2019). Implementing the model of project-based learning : integrated with Ethno-STEM to develop students’ entrepreneurial characters. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012145

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono 2015 Bagian 3. Bandung: AlphaBeta.

Sumarni, W. (2018). Etnosains Dalam Pembelajaran Kimia: Prinsip, Pengembangan dan Implementasinya (Sudarmin (ed.)). Semarang: Unnes Press.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Model Pengembangan dan Pembelajaran. Diakses pada 27 Desember 2021. https://ayahalby.files.wordpress.com/2012/10/konsep-pengembangan-dan-pembelajaran-modul.pdf

Wijaya, A. D., Dina, K., & Amalia. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Pada Kurikulum Indonesia. Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya.


Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Qorry Adilla Fikrina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.