Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Nia Anggraeni(1*),

(1) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v2i0.40635

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga, penelitian ini diperlukan studi pendahuluan yang terdiri dari studi literatur dan studi lapangan. Bahan ajar yang dikembangkan berupa E-modul yang dibuat menggunakan aplikasi PDF Corporate. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa, mengetahui kendala saat pembelajaran, dan mengetahui sumber belajar yang diperlukan peserta didik.  Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis siswa, lembar wawancara analisis kebutuhan guru, dan angket analisis kebutuhan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah dengan persentase ketercapaian 42,6%. 90% peserta didik memiliki buku pegangan untuk belajar akan tetapi 55% peserta didik menyatakan buku pegangan yang digunakan belum mencukupi sebagai sumber belajar. 80% siswa masih membutuhkan sumber belajar lain yang digunakan untuk menunjang kegiatan belajar dan dapat dipahami secara mandiri. Hasil tersebut menunjukkan perlu dikembangkan bahan ajar berupa E-Modul berbasis PBL yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Full Text:

PDF

References


Alfi, C. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis masalah dengan Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA, Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Andrian, Y. & Rusman. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12 (2), 170.

Emily R.Lai. (2011). Critical Thinking: A Literature Review Research Report. Pearson.

Gunadharma. (2011). Pengembangan Modul Elektronik Sebagai Sumber Belajar Untuk Mata Kuliah Multimedia Design. Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

Herlina, M., Syahfitri, J., & Ilista, i. (2020). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Dengan Meodel Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Edubiotik: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Terapan, 5(01), 42-52.

Jiliantini, N.K.P., Darmawiguna, I.G.M., & Putrama, I.M. (2015). Pengembangan E-Modul berbasis Model Project Based Learning untuk Mata Pelajaran Teknik Pengambilan Gambar Produksi. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Vol.4 No.5.

Karim, Normaya. (2015). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3, No 1.

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Palupi, B.S., Subiyantoro, S., Rukayah, & Triyanto. (2020). The Effectiveness of Guided Inquiry Learning (GIL) and Problem Based Learning (PBL) for Explanatory Writing Skill. International Journal of Instruction, 13 (1), 713-730.

Saavedra, A. R. & Opfer, V. D. (2012). Teaching and Learning 21st Century Skills: Lessons from the Learning Sciences, A Global Cities Education Network Report. Retrieved from http://asiasociety.org/files/ rand-1012report.pdf.

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, I (1), 58-78.

Yustyan. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X SMA Panjura Malang. Universitas Muhamadiyah Malang.


Article Metrics

Abstract view : 182 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nia Anggraeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.