Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
(1) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v2i0.40635
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alfi, C. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis masalah dengan Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA, Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang.
Andrian, Y. & Rusman. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12 (2), 170.
Emily R.Lai. (2011). Critical Thinking: A Literature Review Research Report. Pearson.
Gunadharma. (2011). Pengembangan Modul Elektronik Sebagai Sumber Belajar Untuk Mata Kuliah Multimedia Design. Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
Herlina, M., Syahfitri, J., & Ilista, i. (2020). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Dengan Meodel Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Edubiotik: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Terapan, 5(01), 42-52.
Jiliantini, N.K.P., Darmawiguna, I.G.M., & Putrama, I.M. (2015). Pengembangan E-Modul berbasis Model Project Based Learning untuk Mata Pelajaran Teknik Pengambilan Gambar Produksi. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Vol.4 No.5.
Karim, Normaya. (2015). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3, No 1.
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Palupi, B.S., Subiyantoro, S., Rukayah, & Triyanto. (2020). The Effectiveness of Guided Inquiry Learning (GIL) and Problem Based Learning (PBL) for Explanatory Writing Skill. International Journal of Instruction, 13 (1), 713-730.
Saavedra, A. R. & Opfer, V. D. (2012). Teaching and Learning 21st Century Skills: Lessons from the Learning Sciences, A Global Cities Education Network Report. Retrieved from http://asiasociety.org/files/ rand-1012report.pdf.
Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, I (1), 58-78.
Yustyan. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X SMA Panjura Malang. Universitas Muhamadiyah Malang.
Article Metrics
Abstract view : 182 times | PDF view : 26 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nia Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.