Pengaruh Model Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa (Studi pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan)

Ayu Arianti Basri(1*), Nurhayani H. Muhiddin(2), Noor Fauziatul(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) tingkat hasil belajar peserta didik kelas VIII yang dibelajarkan menggunakan model quantum learning di SMP Negeri 4 Sungguminasa pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan, 2) tingkat hasil belajar peserta didik kelas VIII yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 4 Sungguminasa pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan, dan 3) Ada tidak pengaruh model quantum learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini, seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa terdiri dari 12 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 379 orang. Pemilihan sampel secara purposive sampling yaitu kelas eksperimen VIII G sebanyak 21 orang dan kelas kontrol VIII D sebanyak 20 orang. Hasil analisis deskriptif tingkat hasil belajar peserta didik diperoleh nilai rerata pada kelas eksperimen 67,6 kategori cukup dan kelas kontrol 42,2 tergolong kategori kurang. Berdasarkan hasil analisis inferensial uji-t hasil belajar diperoleh thitung = 23,745 >ttabel= 1,685, pada taraf signifikan (α)= 0,05. Dengan demikian H0 ditolak, H1 diterima dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model quantum learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan.

Full Text:

(54-62) PDF

References


Ape, T., Tawil, M & Amin, B.D. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Media Presentasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 14 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika. 3(1).

Bambang, Handoko, A & Andriyani, I. 2017. Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik dan Penguasaan Konsep Biologi Kelas VIII SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Jurnal Tadris Pendidikan Biologi. 8(2).

Indrayani, A., Pujani, N.M & Devi, P.L. 2019. Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. 2(1).

Kosasih, N & Sumarna, D. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 22 times | (54-62) PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ayu Arianti Basri, Nurhayani H. Muhiddin, Noor Fauziatul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.