Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III di SD Negeri 1 Gebangmekar

Tin Herlina(1*), Kamaruddin Hasan(2), Nur Sofiatul Lailiyah(3),

(1) SD Negeri 1 Gebangmekar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Perumnas II
(*) Corresponding Author



Abstract


Untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas III di SD Negeri 1 Gebangmekar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dibagi ke dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi pada pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas III dapat ditingkatkan dengan model Problem Based Learning. Terbukti dari penilaian kelompok siswa terdapat peningkatan pada siklus I rata-rata nilai 60 - 70, dan hasil pada siklus II rata-rata nilai 80 - 100. Model Problem Based Learning ini dapat dilaksanakan oleh guru SD karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mengubah pemikiran siswa belajar adalah hal yang menyenangkan. 

Kata kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Puspita. H.J. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Kelas VB SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 9 Tahun ke-5. Hal: 884-896.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khofiatun. dkk. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar Pascasarjana-Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol: 1. (5) Hal: 984-988.

Gunantara, Gd, Md Suarjana, dan Pt. Nanci Riastini. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1.

M. Taufiq Amir. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Goup.

Muh. Yusuf Mappease. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PLC Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMKN 3 Makassar. Jurnal Medtek. Vol. 1, No. 2.

Arikunto, S., dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arends, R. I. and Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning: Becoming an accomplished teacher. Oxon: Routledge.

Kaltsum, H. U. (2017). Pemanfaatan alat peraga Edukatif Sebagi Media Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Urecol: University Research Colloquium, 19-24.

Akinoglu, O., & Tandogan, R. O. (2007). The effect of problem-based active learning in science education on student’s academic achievement, attitude and concept learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3 (1), 71-81.

Gerald Choon-Huat Koh., Hoon Eng Khoo., Mee Lain Wong., et.al. (2008). The effects of problem-based learning during medical school on physician competency: a systematic review. Canadian Medical Association Journal, 178 (1), 34-41.

Hasrul Bakri. (2009). Peningkatan minat belajar praktek menggulung trafo melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada siswa SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal Meditek Vol. 1 Nomor. 1 April, 2-8.

Gafar, A.A. & Ridwan, T. (2008). Implementasi problem based Learning (PBL) pada proses pembelajaran di BPTP Bandung. Jurnal Universitas Indonesia, Nomor VII, 12.


Article Metrics

Abstract view : 343 times | PDF view : 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats