Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Melalui Penerapan Model Problem Based Learning

Gina Rosdiani(1*), Hamzah Pagarra(2), Zusanti Zusanti(3),

(1) SDN Sukasetia
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Unggulan Toddopulli Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Sukasetia dengan jumlah 15 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 75 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal muatan pelajaran Matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika, keaktifan siswa meningkat berdasarkan data observasi yang diperoleh dari observer. Kemudian hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 65. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 73 dan pada siklus II meningkat menjadi 95. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas III Semester I di SDN Sukasetia tahun pelajaran 2021/2022. 

Kata kunci: Matematika; Hasil Belajar; Problem Based Learning..


Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipata.

Aziz, Rahmat. (2014). Psikologi Pendidikan: Model Pengembangan Kreativitas dalam Praktik Pembelajaran. Malang. UIN-MALIKI PRESS (Anggota IKAPI)

Bempah Octaviani, Haryati. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus I Materi Limit Fungsi. Artikel. Universitas Negeri Gorontalo.

Fakhriyah. (2014). Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal. Vol 3 hlmn 1. Diakses pada tanggal 29 November 2021 pukul 20:30 WIB. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Hakim, Muhammad Syaiful. (2019) Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 di SD Negeri Koripan 01 Kabupaten Semarang untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Diakses pada tanggal 3 Desember 2021 pukul 16:00 WIB. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

https://repository.uksw.edu/handle/123456789/20041

Nana Sudjana. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Uno dan Mohamad. (2014). Belajar dengan Pendekatan Paikem. Jakarta: PT. Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 208 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats