Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 95 Solo Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone

Sutiyulianti Sutiyulianti(1*), Muhammad Irfan(2), Lisnawati Lisnawati(3),

(1) SDN 95 Solo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri KOMP IKIP MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan pembelajaran Inkuiri, mengetahui gambaran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa sebelum dan setelah penerapan pembelajaran Inkuiri dan mengetahui Pengaruh pelaksanaan pembelajaran inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 95 Solo Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalahEksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat belajar dan variabel bebasnya adalah penerapan pembelajaran Inkuiri. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SDN 95 Solo Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone dengan sampel yang berjumlah 45 orang. Dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas IVA20 orang menggunakan penerapan pembelajaran Inkuiri dan 25 orang Kelas IV.B tidak menggunakan penerapan pembelajaran Inkuiri. Tahapan pengambilan sampel diambil dengan teknik porposive sampling, yakni teknik pengambilan sampel secara sengaja. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen angket untuk mengukur tingkat keaktifan belajar dan lembar observasi untuk mengamati kondisi, situasi, proses, dan perilaku pada saat penerapan pembelajaran berlangsung, yaitu dari tahap awal dan sampai tahap akhir. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa Penerapan pembelajran Inkuiri pada murid meningkat, kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran pada murid meningkat dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 95 Solo Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone.  

Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri; Berpikir Kritis.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, 2016. Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Setyosari, punaji. H. 2013. Metode penelitian pendidikan dan pengembangannya. Jakarta: kencana pramedia group

Siswanto & Suyanto. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Korelasional. Klaten: Bossscript.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: pt rineka cipta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin, S. 2010. Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Tilaar, 2011. Pedagogik kritis: perkembangan, subtansi, dan perkembangannya di Indonesia). Jakarta: Rineka Cipta


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats