Usaha Kuliner Tiram di Kelurahan Coppo Kabupaten Barru (1999-2018)

cristina amir(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jp.v8i1.19020

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang keberadaan Usaha Kuliner Tiram di Kelurahan Coppo, dinamika kehidupan sosial ekonomi pengusaha kuliner tiram, dampak keberadaan usaha kuliner tiram bagi masyarakat dalam segi ekonomi dan pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan, yaitu heuristik, kritik sumber (kritik intern dan ekstern), interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelurahan coppo merupakan daerah pesisir Pantai yang masyarakatnya membuka usaha kuliner tiram, faktor yang mempengaruhi munculnya usaha ini adalah faktor kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia dan masyarakat memanfaatkan lokasi yang dekat dengan muara sungai untuk mencari tiram kemudian menjualnya. Dalam perkembangannya usaha ini telah mengalami banyak perubahan, seperti pada cara penjualan hingga perubahan pada harga jualnya. Usaha kuliner tiram di Kelurahan Coppo memiliki banyak peminat baik dari daerah Kabupaten Barru maupun diluar daerah Kabupaten Barru, seperti Kabupaten Soppeng, Kota Pare-pare dan Kota Makassar. Setelah berkembangnya usaha ini kehidupan ekonomi masyarakat mengalami peningkatan, dan terjadi perubahan-perubahan yang mendasar pada pola hidup masyarakat dari segi taraf ekonomi masyarakat. Peningkatan ekonomi ini dapat ditunjukkan dengan semakin membaiknya kondisi fisik rumah tempat tinggal rata-rata pengusaha kuliner tiram Kelurahan Coppo bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dimana ketika itu rumah tempat tinggal masih beratapkan dari daun nipah. Sedangkan setelah usaha ini Mengalami perkembangan, rata-rata penduduk telah mampu mendirikan bangunan yang relative lebih baik, bahkan banyak diantaranya yang telah memiliki rumah permanen dan bisa menyekolahkan anaknya sampai perguruan tinggi. Peningkatan taraf ekonomi pengusaha tiram  Kelurahan Coppo juga dapat dilihat dari kepemilikan kendaraan baik motor maupun mobil. Pengusaha kuliner tiram di Kelurahan Coppo dari sudut ekonomi yang mengisyaratkan adanya peningkatan kesejahteraan pada Usaha Kuliner Tiram. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Usaha ini merupakan satu-satunya usaha yang bergerak di bidang kuliner tiram yang berada di Kabupaten Barru. Dan masyarakat yang menggeluti usaha ini bisa memberikan pengaruh yang besar pada perekonomian masyarakat khusunya pengusaha kuliner tiram di Kelurahan Coppo Kabupaten Barru.


Full Text:

PDF

References


Agus. (2020, September 06). Pendapatan Usaha. (Cristina, Interviewer)

Ahmadin. (2013). Metode Penelitian Sosial. Makassar: Rayhan Intermedia.

Ani. (2019, Oktober 11). Faktor Pendorong Usaha Kuliner Tiram. (Cristina, Interviewer)

Arista, D. (2015). Skripsi: Transparasi Informasi Situs Web Resmi Pemerintah di Sulawesi Selatan Sebagai Implementasi Keterbukaan Informasi Publik . Makassar.

Madjid, A. R. (2008). Pengantar Ilmu Sejarah. Ujung Pandang: Rayhan Intermedia.

Moh. Mahfud Md, d. (2012). Prosiding Kongres Pancasila IV: Strategi Pelembagaan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia. Yogyakarta: Psp UGM.

Nurdin. (2020, Agustus 31). Munculnya Usaha Kuliner Tiram. (Cristina, Interviewer)

Rahmawati. (2019, Oktober 11). Usaha Kuliner Tiram. (Cristina, Interviewer)

Sadoko, D. (1995). Pengembangan Usaha Kecil Pemihakan Setengah Hati. Bandung: Yayasan Akatiga.

Saharuddin. (2020, September 03). Perintis Usaha Kuliner Tiram. (Cristina, Interviewer)

Sejarah, T. P. (2016). Pengantar Ilmu Sejarah. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Shofi, S. A. (2009). SKRIPSI: Peran Industri Kecil Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam . Walisongo: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Negeri Islam Walisongo.

Sudantoko, A. (2002). Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.

Triady, M. L. (2019). Rencana Pengembangan Kuliner Nasional (2015-2019). Malang: Republik Solusi.

Triady, M. L. Rencana Pengembangan Kuliner Tradisional (2015-20190.


Article Metrics

Abstract view : 211 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL 

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Indexed by 


Licensed by 

Creative Commons License
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pattingalloang Stats

Flag Counter

style="text-align: center;

View