PENERAPAN MODUL DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA MANDARIN SISWA SMK JURUSAN AKOMODASI PERHOTELAN

Putu Prinda(1*),

(1) Universitas Udayana
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v7i1.9389

Abstract


Penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dipadukan dengan hasil rancangan produk bahan ajar yang berupa Modul bahasa Mandarin. Peneliti mencoba menggunakan modul bahasa Mandarin yang dibuat sendiri untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa dengan dikolaborasikan dengan penerapan teknik think pair share. Pengujian Pretes, Tes Siklus 1 dan Tes Siklus 2 menggunakan soal tes yang sama dengan menguji 30 kosakata yang dilafalankan secara lisan oleh tiap-tiap siswa.  Pada pre-tes 21 orang siswa (95%) berada pada peringkat D dan hanya 1 orang siswa (5%) berada peringkat C. Presentase setiap siklus tidak langsung meningkat hingga didapatkan hasil akhir dari siklus 2 yaitu 27% siswa masih di peringkat D, 50% siswa diperingkat C dan 23% siswa berada diperingkat B. Hasil ini cukup memuaskan peneliti karena keterampilan bahasa Mandarin adalah pelajaran yang cukup sulit bagi pemula apalagi memiliki waktu belajar yang sangat sedikit tapi dituntut untukmenguasai pelafalan dan kosakata yang cukup banyak.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL NALAR PENDIDIKAN