PERBEDAAN BENTUK REPRESENTASI BRAIN MEMORY SISWA DALAM SOAL BERTIPE MULTIPLE CHOICE DAN SOAL BERTIPE ESSAY TERHADAP PEMAHAMAN METAKOGNISI BIOLOGI

Ahmad Fauzan(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v8i2.15070

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perubahan representasi memori otak siswa yang berupa soal pilihan ganda dan jenis uraian yang sering digunakan dalam proses pemesanan di sekolah. Metode penelitian eksperimen semu. Uji normalitas uji Chi Square. Pengujian kelompok eksperimen X 2 hitung = 5,610 X 2 tabel = 11,070 , data berdistribusi normal. Kelompok kontrol  X 2 hitung = 10.665 ≤   X 2 tabel =  11.070 , data berdistribusi normal. Pengujian homogenitas dengan uji F. F hitung = 1,191    F tabel = 2,17, datanya homogen. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapatkan t hitung = 2,835 dan t tabel = 1,684  pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (db = 38)  t hitungt tabel ( 2,832> 1,684) , maka H 0 ditolak H 1 diterima, terdapat perbedaan representasi memori otak siswa pada soal jenis uraian dan soal pilihan ganda pada pemahaman metakognisi biologis.  

Kata kunci: memori otak, metakognisi , representasi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 679 times | PDF view : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Fauzan

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics