PENCAPAIAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI SULAWESI SELATAN TAHUN 2019

Sumarlin Mus(1*), Irmawati Irmawati(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20441

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian standar nasional pendidikan berdasarkan hasil visitasi asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) provinsi Sulawesi Selatan yang dilakukan pada tahun 2019. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data sekunder di gunakan dalam penelitian ini bersumber dari hasil penilaian akreditasi yang diperolah oleh BAN S/M pada sekolah di provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2019. Data sekunder yang diperoleh berdasarkan dokumen hasil penilaian visitasi sekolah dikelompokkan berdasarkan jenjang pendidikan dan peringkat akreditasi, kemudian nilai hasil visitasi setiap standar dirata-ratakan setiap jenjang pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum setiap jejang pendidikan memperoleh peringkat akreditasi B dengan presentase keseluruhan 67,81 persen.. Banyaknya satuan pendidikan dari semua jenjang yang memperoleh peringkat B (baik) disebabkan oleh rendahnya dua standar nasionalpendidikan yaitu standar sarana prasarana dan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Standar sarana dan prasarana dan standar pendidik perlumendapat perhatian penuh oleh pemerintah dengan melengkapi prasarana sekolah di semua jenjang dan peningkatan kualifikasi pendidik denganmelakukan sertifikasi pendidik secara menyeluruh.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 208 times | PDF view : 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sumarlin Mus, Irmawati

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics