PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI SISWA SMP DAN SMA DI BOSOWA SCHOOL MAKASSAR

Nasrullah Nasrullah(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v8i1.13970

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan Bosowa School Makassar dalam penerapan Gerakan Literasi Sekolah dan kendala yang dihadapi dalam penerapan program Gerakan Literasi Sekolah. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan upaya yang dilakukan Bosowa School Makassar dalam penerapan Gerakan Literasi Sekolah yaitu menerapkan kelas literasi, mengadakan ekskul literasi, pemilihan duta baca, menerbitkan buku karya siswa dan wajib kunjung perpustakaan. Kendala yang dihadapi dalam penerapan program Gerakan Literasi Sekolah yaitu konsistensi dan kesadaran siswa tentang literasi masih rendah, daya tarik siswa lebih cenderung ke penggunaan media teknologi, kurangnya disiplin dan kesadaran siswa dalam mengembalikan buku ke perpustakaan dan padatnya waktu jam pelajaran.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 208 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nasrullah Nasir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.