PENGARUH MEDIA SIMULASI PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) PADA MATA PELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i2.7085
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media simulasi PhET mata pelajaran fisika menggunakan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dimana terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 9 Makassar pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Sampel merupakan dua kelas yang dipilih menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen sehingga dilakukan pengujian parametrik. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa baik di kelas kontrol maupun di kelas eksperimen dengan signifikansi berturut- turut sebesar 0,018 dan 0,001. Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post test kelas kontrol dengan post test kelas eksperimen dengan signifikansi sebesar 0,001. Hal itu menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan aplikasi PhET lebih baik daripada kelompok kontrol.
Kata kunci: Discovery learning, Fisika, PhET
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 895 times | PDF view : 520 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 A.M. Miftah Farid, A. Rafiqa Faradiyah, Aini Maghfira, Asrianti Putri Lestari, Hidayat Tullah
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .